Studi Analisis Kemampuan Guru dalam Menyusun Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV di MI Salafiyah Kajen

Haikal, Muhammad Fikri (2022) Studi Analisis Kemampuan Guru dalam Menyusun Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV di MI Salafiyah Kajen. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (503kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (441kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (453kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (716kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran HOTS muncul setelah diterapkannya kurikulum 2013. Pembelajaran HOTS juga diterapkan pada mata pelajaran tematik kelas IV di MI Salafiyah Kajen. Dengan menerapkan pembelajaran HOTS pada mata pelajaran tematik kelas IV tersebut, tentunya guru kelas IV memiliki kemampuan dalam menguasai materi pada mata pelajaran tematik, dan juga memiliki kemampuan dalam menyusun soal-soal berbasis HOTS. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana kemampuan guru kelas IV dalam menyusun soal-soal berbasis HOTS pada mata pelajaran tematik kelas IV di MI Salafiyah Kajen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru mata pelajaran tematik kelas IV dalam menyusun soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) di MI Salafiyah Kajen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan), dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh dibagi menjadi dua macam, yaitu data primer dan sekunder. Sumber data primer mencakup proses observasi dan wawancara dengan guru kelas IV, kepala sekolah, serta waka kurikulum. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari foto hasil wawancara, bentuk soal HOTS, serta dokumen-dokumen terkait lainnya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, sedangkan teknik analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, yang meliputi uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas), dan confirmability (objektivitas). Hasil penelitian ini kesimpulannya adalah 1) Kemampuan guru mata pelajaran tematik kelas IV dalam menyusun soal HOTS di MI Salafiyah Kajen dikatakan sudah cukup baik. Ada beberapa hal yang menjadi indikatornya antara lain, a) Guru kelas IV belajar mengenai penyusunan soal HOTS, b) Guru kelas IV mengikuti pelatihan mengenai penyusunan soal HOTS, c) Soal HOTS yang dihasilkan guru kelas IV memenuhi aspek soal HOTS, d) Guru kelas IV dalam menyusun soal HOTS langkah-langkahnya sudah sesuai dan tepat, dan e) Pedoman guru kelas IV dalam menyusun soal HOTS sudah sesuai dan tepat. 2) Langkah-langkah penyusunan soal HOTS pada mata pelajaran tematik muatan IPA kelas IV di MI Salafiyah Kajen yang dilakukan oleh guru kelas IV langkah-langkahnya antara lain, menelaah KD, membuat kisi-kisi, menentukan bentuk stimulus, membuat butir soal sesuai kisi-kisi, dan membuat kunci jawaban. 3) Kendala-kendala yang dihadapi guru mata pelajaran tematik kelas IV dalam menyusun soal HOTS beserta solusinya di MI Salafiyah Kajen yaitu: a) Kendala atau kesulitannya antara lain, terkadang masih bingung dalam membuat stimulus, terkadang masih kesulitan dalam menyusun soal HOTS dengan kalimat yang mudah dipahami siswa, dan juga masih terabatasnya kreativitas dalam membuat soal tipe HOTS. b) Solusi atau cara mengatasinya cuma sering-sering berlatih menyusun soal HOTS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmalia, Taranindya ZulhiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS), Mata Pelajaran Tematik Muatan IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Mar 2023 07:38
Last Modified: 28 Mar 2023 07:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9515

Actions (login required)

View Item View Item