Ardyarini, Triana (2022) Teknik Komunikasi Persuasif dalam Penyampaian Pesan Dakwah melalui Channel Youtube Nussa Official. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (303kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (485kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (647kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (315kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (724kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (285kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (364kB) |
Abstract
Dalam berdakwah pada saat ini tidak hanya dengan ceramah atau pengajian dimasjid-masjid, akan tetapi kini sudah disajikan dakwah dengan menggunkan media, salah satunya media modern saat ini adalah Youtube. Channel Youtube yang memiliki program dakwah salah satunya adalah Nussa Official, dengan program dakwah dalam bentuk kartun animasi yang menghadirkan sensasi berbeda dalam dunia dakwah. Dalam serial Nussa Oficial dengan tokoh utamanya adalah Nussa, Nussa adalah seorang anak kecil penyandang disabilitas, yang memiliki adik bernama Rarra dan Umma yang selalu mendidik dan memberikan pesan-pesan dakwah kepada anak-anaknya dengan bahasa yang ringan. Pesan yang disampaikan juga bersifat persuasif (membujuk). Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana teknik komunikasi persuasif dalam Channel Youtube Nussa Official. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana teknik komunikasi persuasif dalam Channel Youtube Official. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Unit analisis penelitian ini adalah video yang berupa gambar maupun teks yang terdapat dalam Channel Youtube Nussa Official. Jenis data objek penelitian primer yaitu observasi pada akun Youtube Nussa Official dan juga dengan dokumentasi. Sumber data sekunder penelitian ini diambil dari literatur kepustakaan. Berdasarkan data yang telah diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa program dakwah Nussa Official terdapat lima teknik komunikasi persuasif, yaitu: teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik pay-off dan fear arrausing, teknik icing, teknik red herring. Dari proses penyampaian pesan menggunakan teknik komunikasi persuasif dapat diambil hikmah atau pelajarannya yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari juga dapat dijadikan acuan dalam berdakwah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Persuasif, Dakwah, Channel Youtube | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial > Komunikasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2023 07:56 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 07:56 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9517 |
Actions (login required)
View Item |