Miyanto, Ahmad (2022) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Listrik Statis Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di MTS Miftahul Huda. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. Daftar isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai rata-rata siswa masih rendah, dan sebagian besar tidak melebihi KKM. Dalam proses belajar mengajar, siswa pasif dan kurang memahami Literasi Sains. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengubah sikap tersebut bahkan meningkatkan prestasi belajar siswa. Tentunya hal ini membutuhkan media yang mendukung dan pembelajaran yang menyenangkan di dalam kelas. Ada banyak cara untuk meningkatkan Literasi Sains, salah satunya adalah dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan namun tidak membosankan dengan menggunakan media pembelajaran khusus mata pelajaran IPA. Berdasarkan latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengtahui penggunaan media pembelajaran berbasis android pada materi listrik statis untuk meningkatkan Literasi Sains peserta didik di MTs Miftahul Huda. Penelitian ini termasuk dalam penelitian percobaan (experimen) dengan mengunakan pendekatan kuantitatif. Untuk sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Miftahul Huda pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 16 siswa. Dengan pengumpulan data diperoleh dengan instrumen tes dan observasi. Setelah penelitian dilaksanakan dan data terkumpul, kemudian data diolah mengunakan uji statistik dengan bantuan IBM SPSS v.25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan setelah pengunaan media pembelajaran berbasis android pada materi listrik statis pada komponen literasi sains. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data mengunakan uji wilcoxon didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar sebesar 0,000 < 0,05, oleh karena itu maka disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan nilai hasil sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran berbasis android pada materi listrik statis. Setelah terlaksananya kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis android pada materi listrik statis untuk meningkatkan literasi sains siswa lebih baik dari pada tanpa mengunakan inovasi media pembelajaran. Hal itu didukung dari adanya hasil analisis Uji N-Gain diketahui bahwa mengalami peningkatan nilai rata-rata kemampuan Literasi Sains, dengan sekor N-Gain yaitu sebesar 0,63 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Berbasis Android, Literasi Sains | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2023 06:15 | ||||||
Last Modified: | 30 Mar 2023 06:15 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9554 |
Actions (login required)
View Item |