Strategi Meningkatkan Penerimaan Pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara

Alfiyah, Wawu (2022) Strategi Meningkatkan Penerimaan Pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (100kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (292kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Pertama, untuk mengetahui strategi apa saja yang diterapkan untuk meningkatkan penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara, Kedua, untuk mengetahui kendala dan solusi yang diberikan pihak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara dalam meningkatkan penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk teknik penelitian pengumpulan data menggunakan metode observasi/pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi meliputi triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Dan yang terakhir untuk teknik analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, Pertama, strategi meningkatkan penerimaan pajak di KPP Pratama Jepara yaitu dengan kegiatan ekstensifikasi, intensifikasi, meningkatkan kepatuhan dan kesadaran wajib pajak, selain strategi tersebut, KPP Pratama juga melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan penerimaan pajak yaitu dengan memaksimalkan penyuluhan, melakukan kegiatan Layanan Di Luar Kantor (LDK), dan menjamin kualitas data yang valid dan relevan pada wajib pajak, Kedua, kendala yang dialami pihak KPP Pratama Jepara yaitu kurangnya kesadaran oleh wajib pajak, tingkat kepatuhan wajib pajak yang masih rendah, kurangnya pengetahuan atau soft skill pada wajib pajak tentang pentingnya kewajiban dalam perpajakan, terbatasnya sumber daya manusia pegawai dan anggaran, dan media edukasi yang terbatas oleh pemerintah, sedangkan solusi yang diberikan pihak KPP Pratama Jepara yaitu dengan kegiatan ekstensifikasi, intensifikasi, penegakan hukum dengan kegiatan pemeriksaan dan penagihan pajak, dan memaksimalkan penyuluhan mengenai pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBaihaqi, JadzilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Penerimaan Pajak, KPP Pratama Jepara
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:50
Last Modified: 03 Apr 2023 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9576

Actions (login required)

View Item View Item