Pemikiran Pendidikan Akhlak Menurut KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim

Khotimah, Neng Siti Nur (2022) Pemikiran Pendidikan Akhlak Menurut KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (670kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (728kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (359kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)

Abstract

Penelitian pustaka ini mengupas tentang pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Adabul Alim Wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari, seorang ulama klasik di tanah pancasila ini. Secara teoretis, penelitian ini bermanfaat dalam ilmu pendidikan agama Islam di bidang akhlak yang mana akan dapat memberikan pemahaman dan menambah pengetahuan baru yang bersumber dari kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim. Sementara secara praktis, bermanfaat sebagai sebuah rujukan atau referensi untuk lembaga pendidikan dalam menerapkan dan meningkatkan pendidikan akhlak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif, yang mana dalam analisisnya lebih menekankan pada proses pengambilan kesimpulan secara deduktif yang diuraikan dengan cara menggambarkan sumber data dengan apa adanya. Subyek penelitian pustaka ini ialah kitab Adabul Alim Wal Muta’allim yang menjadi sumber data primer. Data-data yang relevan dikumpulkan kemudian dipilih dan dipilah sesuai sumbernya, lalu diambil kesimpulannya untuk kemudian dianalisis menggunakan metode content analysis yang mana dalam penerapannya untuk mengetahui isi suatu konsep yang menjadi pokok bahasan. Dari analisis, dapat diambil kesimpulan soal implementasi dari kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim di lembaga pendidikan era sekarang ternyata masih belum sepenuhnya tertanam. Isi kitab mengenai pendidikan akhlak yang terkandung lebih cocok diterapkan di lembaga pendidikan seperti pesantren dan masih ada beberapa hal yang belum relate dengan pendidikan di era sekarang. Namun, buah implementasi isi kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim juga bisa dilihat dari lembaga pendidikan yang menjadikan akhlak mulia menjadi tujuan pendidikannya. Seperti yang tercantum dalam UU No 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, akhlak, dan Adabul Alim Wal Muta’allim
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:09
Last Modified: 03 Apr 2023 03:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9579

Actions (login required)

View Item View Item