Khoirunnisa’, Camelia (2022) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender dan gaya belajar David Kolb pada siswa kelas X SMAN 1 Donorojo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (260kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (218kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (285kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (415kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (381kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (518kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (206kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah memiliki hubungan yang erat dengan matematika. Polya menuturkan bahwa pemecahan masalah terdiri dari empat tahapan yakni memahami masalah, membuat perencanaan penyelesaian, melaksanakan perencanaan penyelesaian, dan menelaah kembali (membuat kesimpulan). Setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam mengolah informasi. Perbedaan tersebut disebabkan banyak faktor seperti halnya gender dan gaya belajar yang dimiliki. Hal tersebut menjadi masalah pada penelitian ini yakni “apakah terdapat perbedaan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari gender, apakah terdapat perbedaan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari gaya belajar David Kolb, serta apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gender dan gaya belajar David Kolb.” Metode yang digunakan adalah komparatif-kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 dan 4. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji Mann-Whitney, uji Kruskal-Wallis H, dan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa laki-laki dan perempuan, tidak terdapat perbedaan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa dengan gaya belajar diverger, konverger, assimilator, dan accomodator, serta tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gender dan gaya belajar David Kolb.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Gender, Gaya Belajar David Kolb. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2023 03:10 | |||||||||
Last Modified: | 04 Apr 2023 03:10 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9600 |
Actions (login required)
View Item |