Fata, Muhammad Rikzal (2022) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Model Pembelajaran Cooperative Script berbantuan Peta Pikiran di MTs Khoiriyah Waturoyo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (404kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (282kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (386kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (759kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (605kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (865kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (402kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (421kB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis siswa secara umum masih rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif. Salah satu strategi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah menggunakan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan peta pikiran. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Cooperative Script berbantuan peta pikiran dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di MTs Khoiriyah Waturoyo, (2) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran Cooperative Script berbantuan peta pikiran di MTs Khoiriyah Waturoyo, (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Cooperative Script berbantuan peta pikiran di MTs Khoiriyah Waturoyo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B MTs Khoiriyah Waturoyo yang terdiri dari 41 peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa tes (pretest dan posttest) berbentuk tes uraian. Hasil penelitian ini adalah (1) proses pelaksanaan pembelajaran diawali dengan pemberian pretest, kemudian pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan peta pikiran, dan pemberian posttest diakhir pertemuan, (2) berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa rata-rata pretest kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 47,28 dan posttest sebesar 78,99. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis uji t. diperoleh hasil t hitung sebesar 24,29 dan t tabel sebesar -1,66. Dapat disimpulkan bahwa t hitung ≥ t tabel yakni 24,29 ≥ -1,66 artinya H_0 ditolak dan H_1 diterima. Maka terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran Cooperative Script berbantuan peta pikiran, (3) berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada beberapa siswa kelas VIII B, diketahui bahwa siswa merasa lebih mudah dalam belajar dan dapat bertukar pikiran dengan sesama temannya. Selain itu, mereka juga merasa lebih aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Cooperative Script, Peta Pikiran | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2023 03:15 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2023 03:15 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9606 |
Actions (login required)
View Item |