Hasanah, Uswatun (2022) Analisis Keterampilan Mengajar Guru Berbasis Neurosains di TKIT Umar Bin Khathab Bakalan Purwosari Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (524kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (662kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (487kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (294kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (477kB) |
Abstract
Seorang guru tidak hanya dituntut untuk memiliki ilmu yang cukup dalam mengajar anak usia dini, melainkan diharuskan memiliki keterampilan yang cakap agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien, sehingga hasil belajar siswa dikatakan berhasil. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru berbasis neurosains ketika membuka, menjelaskan, dan menutup pembelajaran di TKIT Umar Bin Khathab Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun responden pada penelitian ini terdiri dari: seorang kepala sekolah, 2 guru, 30 siswa kelas B, dan 2 wali murid. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis sesuai teori yang relevan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran di TKIT Umar Bin Khathab Kudus sudah menerapkan prinsip neurosains yang dilaksanakan melalui metode sentra, hal ini dibuktikan dari keterampilan guru dalam membuka pembelajaran sudah berada pada fase pra pemaparan dan langkah persiapan. Kemudian, keterampilan guru dalam menjelaskan pembelajaran telah mencakup tahap insiasi dan akuisisi, tahap elaborasi, serta tahap inkubasi dan memasukkan memori. Sedangkan dalam menutup pembelajaran sudah menerapkan tahap verifikasi dan pengecekan keyakinan, serta tahap perayaan dan integrasi. Ketiga keterampilan mengajar guru tersebut sudah berhasil yang di tunjukkan dengan hasil pencapaian siswa mengalami peningkatan dari tiap indikatornya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, Mengajar, Neurosains | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2023 03:33 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2023 03:33 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9611 |
Actions (login required)
View Item |