Analisis Keterampilan Mengajar Guru Berbasis Neurosains di TKIT Umar Bin Khathab Bakalan Purwosari Kudus

Hasanah, Uswatun (2022) Analisis Keterampilan Mengajar Guru Berbasis Neurosains di TKIT Umar Bin Khathab Bakalan Purwosari Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (662kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (487kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)

Abstract

Seorang guru tidak hanya dituntut untuk memiliki ilmu yang cukup dalam mengajar anak usia dini, melainkan diharuskan memiliki keterampilan yang cakap agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien, sehingga hasil belajar siswa dikatakan berhasil. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru berbasis neurosains ketika membuka, menjelaskan, dan menutup pembelajaran di TKIT Umar Bin Khathab Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun responden pada penelitian ini terdiri dari: seorang kepala sekolah, 2 guru, 30 siswa kelas B, dan 2 wali murid. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis sesuai teori yang relevan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran di TKIT Umar Bin Khathab Kudus sudah menerapkan prinsip neurosains yang dilaksanakan melalui metode sentra, hal ini dibuktikan dari keterampilan guru dalam membuka pembelajaran sudah berada pada fase pra pemaparan dan langkah persiapan. Kemudian, keterampilan guru dalam menjelaskan pembelajaran telah mencakup tahap insiasi dan akuisisi, tahap elaborasi, serta tahap inkubasi dan memasukkan memori. Sedangkan dalam menutup pembelajaran sudah menerapkan tahap verifikasi dan pengecekan keyakinan, serta tahap perayaan dan integrasi. Ketiga keterampilan mengajar guru tersebut sudah berhasil yang di tunjukkan dengan hasil pencapaian siswa mengalami peningkatan dari tiap indikatornya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsnawati, ZakiyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Mengajar, Neurosains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:33
Last Modified: 04 Apr 2023 03:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9611

Actions (login required)

View Item View Item