Problematika Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Secara Daring di MI Miftahul Huda Sambirejo Gabus Pati

Fahmi, Moh. Sifahrul (2022) Problematika Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Secara Daring di MI Miftahul Huda Sambirejo Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (349kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (251kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (317kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring di kelas VI MI Miftahul Huda Sambirejo gabus Pati. 2. Mengetahui problematika guru pada pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring di kelas VI MI Miftahul Huda Sambirejo Gabus Pati. 3. Mengetahui solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika guru pada pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring di kelas VI MI Miftahul Huda Sambirejo Gabus pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Data dan sumber data diperoleh dari data primer, yaitu kepala madrasah dan guru tematik kelas VI. Teknik dalam pengembilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas VI MI Miftahul Huda Sambirejo Gabus pati dilaksanakan secara daring, dalam pelaksanaannya guru menggunakan tiga tahapan yaitu: Pertama tahap perencanaan meliputi pembuatan RPP, menyiapkan semua alat-alat penunjang yang dibutuhkan selama proses pembelajaran daring berlangsung, juga menyiapkan mental. Kedua tahap pelaksanaan, dalam pelaksanaanya guru memberikan materi melalui aplikasi Whatsapp dan terkadang juga menggunakan video youtube yang dikirim melalui whatsapp untuk disimak dan dipelajari oleh peserta didik. Ketiga tahap evaluasi yang meliputi penugasan dan penilaian oleh guru. Problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring adalah jaringan internet yang tidak stabil dan mahalnya kuota internet, kurangnya kemandirian peserta didik dalam belajar tematik secara daring, kurangnya fokus anak selama pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring, kurangnya kepekaan orang tua terhadap pendampingan terhadap anak, serta kurangnya disiplin peserta didik dalam mengirimkan tugas karena tugas yang dianggap terlalu banyak. Upaya untuk mengatasi problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring di kelas VI MI Miftahul Huda Sambirejo Gabus Pati yaitu adanya bantuan dari kemendikbud kepada madrasah sehingga membantu guru dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring, jika ada peserta didik yang tidak memiliki handphone maka diperbolehkan belajar bersama teman yang rumahnya berdekatan ataupun hadir ke madrasah untuk menanyakan materi dan tugas dengan tetap mematuhi prokes, saat pembelajaran daring berlangsung diharapkan orang tua peserta didik dapat mendampingi pada saat belajar sehingga anak dapat fokus dan disiplin saat belajar, pemberian tugas kepada anak juga tidak boleh terlalu banyak karena itu dapat membuat anak merasa tertekan dan tidak disiplin dalam pengiriman tugas (pengurangan tugas oleh guru kepada peserta didik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorShobirin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika Guru, Pembelajaran Daring
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:02
Last Modified: 05 Apr 2023 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9632

Actions (login required)

View Item View Item