Zahroh, Hajar Maimunatuz (2022) Implementasi Evaluasi Belajar Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Kelas III di MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (204kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (257kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (273kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (978kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (191kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) implementasi evaluasi belajar berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah, 2) kemampuan guru dalam menyusun soal-soal evaluasi belajar berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), dan 3) kemampuan siswa dalam memecahkan soal-soal evaluasi belajar berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi operasi hitung bilangan cacah. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III di MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan karena lebih mudah mengadakan penyesuaian dengan kenyataan yang berdimensi ganda, lebih mudah menyajikan secara langsung hakikat hubungan antara peneliti dan subyek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan melakukan peningkatan ketekunan, triangulasi data, analisis kasus negative, menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Sedangkan teknik analisi data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini antara lain 1) Implementasi evaluasi belajar berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa terlaksana belum maksimal. Evaluasi pembelajaran berbasis HOTS ini hanya diupayakan bagi kelas atas saja, sedangkan kelas bawah belum diterapkan. Hal ini dikarenakan banyak siswa di kelas bawah yang kemampuan membacanya masih kurang dan belum terbiasa mengerjakan soal HOTS, 2) Dalam membuat soal berbasis HOTS guru masih mengalami kesulitan. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman guru mengenai karakteristik soal-soal berbasis HOTS sehingga guru lebih memilih mengambil soal-soal berbasis HOTS pada buku LKS dan mengembangkannya sendiri, 3) Kemampuan siswa dalam memecahkan soal-soal evaluasi belajar berbasis HOTS pada materi operasi hitung bilangan cacah kelas III di MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara berbeda-beda. Hal ini terjadi karena keterampilan metakognitif yang dimiliki siswa juga berbeda. Bagi siswa dengan keterampilan metakognitif baik, maka akan mudah untuk mencari jawaban. Kemampuan ini dapat dilihat dari keterampilan siswa dalam mencari jawaban pada setiap soal. Keterampilan ini diukur dengan memperhatikan tahapan pemecahan masalah langkah Polya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Belajar Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), Keterampilan Metakognitif, Operasi Hitung Bilangan Cacah | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2023 01:58 | ||||||
Last Modified: | 11 Apr 2023 01:58 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9675 |
Actions (login required)
View Item |