Pengaruh Kemampuan Awal dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VII MTs Khoiriyah Waturoyo

Zakiyah, Mawaddatuz (2022) Pengaruh Kemampuan Awal dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VII MTs Khoiriyah Waturoyo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
02. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (415kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (643kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (616kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (725kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan yang harus dimiliki dalam menyelesaikan masalah matematis non rutin. Faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa adalah kemampuan awal dan kemandirian belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) pengaruh positif dan signifikan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dan (3) pengaruh positif dan signifikan kemampuan awal dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaf dengan sampel sebanyak 27 siswa kelas VII Mts Khoiriyah Waturoyo yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen: tes kemampuan awal, angket kemandirian belajar, tes kemampuan pemecahan masalah. Data dianalisis dengan uji regresi sederhana, uji regresi ganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan awal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 51,3%, (2) kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 41,3%, (3) kemampuan awal dan kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 54,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Naili LumaatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Awal, Kemandirian Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:46
Last Modified: 13 Apr 2023 02:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9694

Actions (login required)

View Item View Item