Perspektif Fikih Muamalah Terhadap Konsumen Hit And Run dalam Transaksi Jual Beli Online di Natan Shoppati

Saputri, Fira (2022) Perspektif Fikih Muamalah Terhadap Konsumen Hit And Run dalam Transaksi Jual Beli Online di Natan Shoppati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (344kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (99kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (865kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Di Desa Purwosari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati terdapat online shop yang bernama Natan Shoppati yang sedang mengalami kendala dalam transaksi jual beli onlineyang dijalankan berupa adanya perilaku konsumen yang tidak bertanggung jawab dalam melakukan transaksi jual beli online, dimana hal ini disebut dengan Hit and Run. Konsumen tidak mempunyai itikad baik untuk menyelesaikan transaksi jual beli online di Natan Shoppati. Jika ditinjau dari Fikih, pembatalan sepihak atau Hit And Run tersebut dilarang dalam agama islam karena telah merugikan salah satu pihak dan juga keingkaran. Maka rumusan masalah yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, bagaimana kajian fikih muamalah terhadap praktik jual beli di Natan Shoppati. Kedua, bagaimana upaya Natan Shoppati meminimalisir terhadap konsumen hit and run. Ketiga, bagaimana perspektif fikih muamalah terhadap konsumen hit and run dalam jual beli di Natan Shoppati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jual beli online di Natan Shoppati juga meminimalisir terjadinya konsumen melakukan hit and run dan mengetahui perspektif fikih muamalah terhadap konsumen hit and run dalam jual beli pada Natan Shoppati. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah jenis penelitian Field Research dengan pendekatan kualitatif. Dengan sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Dan teknik pegumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah praktik jual beli online yang dilakukan oleh Natan Shoppati merupakan implementasi dari akad istishna’. Pada awal konsumen memesan terlebih dahulu barang yang dinginkan, kemudian barang pesanan akan diberikan oleh penjual kepada pembeli setelah barang tersebut tersedia. Jika konsumen tidak berkenan atas kekeliruan barang maka pesanan dapat dibatalkan dengan catatan secara baik atau tidak merugikan salah satu pihak. Barang-barang yang tidak berhasil terjual karena adanya pembatalan dari konsumen dapat dijual kembali sehingga penjual tidak mengalami kerugian. Karena adanya tindakan dari beberapa konsumen yang tidak memenuhi kewajibannya dalam perjanjian. Konsumen tidak mempunyai iktikad baik dengan melakukan pembatalan sepihak atau Hit And Run. Pembatalan sepihak atau Hit And Run tidak adil bagi para pelaku usaha. Oleh karena itu hal tersebut dilarang dalam agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorItmam, Muhammad ShohibulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Jual Beli Online, Istishna’ dan Hit and Run
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:05
Last Modified: 13 Apr 2023 03:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9695

Actions (login required)

View Item View Item