Wati, Wahyu Puji Bintoro (2022) Analisis Perilaku Sosial Siswa Di Sekolah Pasca Pandemi di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (263kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (211kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (298kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (427kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (238kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (473kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (209kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian yang berupa analisis yang berusaja memunculkan perilaku siswa di masa pasca pandemi di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Penelitian ini mencoba menganalisis mengenai perilaku siswa di masa pasca pandemi yang merupakan awal siswa melakukan pembelajaran luring setelah sekian lama melakukan pembelajaran secara daring. Berdasarkan fakta di lapangan ditemui siswa masih terbawa suasana pembelajaran online yang membawa dampak menurunnya kualitas pembelajaran, tidak berkembangnya perilaku sosial dan kemampuan siswa, sehingga terhambatnya tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan dan mengembangkan kemampuan diri siswa. Metode dalam penelitian ini ialah metode kualitatif, disajikan secara deskrptif yang berusaha menjelaskan fenomena dilapangan secara alamiah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru IPS, serta siswa. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara terstruktur, obeservasi dan, dokumentasi. Uji keabsahan data dengan cara melakukan triangulasi sumber, metode, serta waktu. Analisis data dilakukan dengan cara kodifikasi, penyajian data, penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Perilaku sosial siswa selama sekolah masa pandemi. a) Siswa kurang berinteraksi yang disebabkan siswa dan guru tidak saling bertemu. b) Kejujuran serta perkembangan siswa juga tidak bisa guru amati secara langsung, sebab keterbatasan kontrol guru saat pembelajaran online. c) Pandemi membuat siswa kesulitan belajar sebab harus mengatur waktu belajar dan kepentingan rumah. d) Selama masa pembelajaran online, siswa cenderung lebih malas dan kedisiplinannya 2. Keadaan yang mempengaruhi perilaku sosial siswa di sekolah masa pandemi. Keadaan yang mempengaruhi perilaku siswa dibedakan 2 yakni saat sebelum pandemi anak lebih interaktif, berinteraksi secara langsung, sedangkan saat pandemi siswa menghabiskan waktu dirumah yang mana pembelajaran terbatas dan interkai terbatas, sehingga perkembangan belajar anak menjadi lebih terhambat. Berdasarkan keadaan tersebut, pandemi membawa dampak negatif yang meliputi a) Siswa kesulitan belajar b) Siswa kurang paham dengan pelajaran c) Keterbatadan sarana dan prasarana. Sementara itu pademi juga berefek positif yakni a) Meningkatnya kreativitas siswa b) Meningkatnya kemauan untuk mengembangkan perngakat pembelajaran terutana pembelajaran online c) Lebih majunya pendidikan, sebab memanfaatkan berbagai media dalam menjunjang pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Interaksi sosial, Perilaku Sosial, Pandemi Covid-19 | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Apr 2023 01:36 | ||||||
Last Modified: | 14 Apr 2023 01:36 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9711 |
Actions (login required)
View Item |