Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square Dan Media Visual Gambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Kelas Xi Di Man 2 Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Nur, Delvy Awalya Safaaty (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square Dan Media Visual Gambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Kelas Xi Di Man 2 Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (677kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (845kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (497kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)

Abstract

Delvy Awalya Safaaty Nur (206020005), fokus penelitian ini adalah Pengaruh Penerapan Word Square dan Media Visual Gambar Dalam Meningkatkat Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas XI di MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara word square terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) pengaruh yang signifikan antara media visual gambar terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. (3) pengaruh yang signifikan word squar dan media visual gambar terhadap hasil pemahaman peserta didik kelas XI mata pelajaran SKI di MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, merupakan penelitian yang menggunakan analisis pada data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistic. Sumber data penelitian ini adalah dokumentasi, kuesioner (angket), dan observasi. Populasi pada penilitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Kudus dan sampel dari penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 dan XI IPS 2. Penelitian ini menggunakan dua uji hipotesis yaitu uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) word square berpengaruh positif terhadap pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tahun pelajaran 2021/2022 dengan persamaan regresinya adalah Y= 14,187 + 0,674X dan nilai R Square sebesar 0,224 atau 22%. Nilai Freg sebesar 18,636 dan nilai Ftabel sebesar 3,15 dengan jumlah responden 62. Keputusan pengujian dengan cara membandingkan antara Fhitung dan Ftabel diperoleh hasil bahwa Fhitung > Ftabel (18,636 > 3,15). Kemudian didapati nilai sig. 0,000, artinya nilai sig. 0,000 < 0,05 hal ini artinya word square berpengaruh secara simultan terhadap pemahaman peserta didik. (2) media visual gambar berpengaruh positif terhadap pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tahun pelajaran 2021/2022 dengan persamaan regresinya adalah Y = 12,974 + 0,732XI dan nilai R Square sebesar 0,309 atau 30%. Nilai Freg sebesar 26,858 dan nilai Ftabel sebesar 3,15 dengan jumlah responden 62. Keputusan pengujian dengan cara membandingkan antara Fhitung dan Ftabel diperoleh hasil bahwa Fhitung > Ftabel (26,858 > 3,15). Kemudian didapati nilai sig. 0,000, artinya nilai sig. 0,000 < 0,05 hal ini artinya media visual gambar berpengaruh secara simultan terhadap pemahaman peserta didik. (3) Word square (X1) dan media visual gambar (X2) berpengaruh positif terhadap pemahaman peserta didik (Y) dengan persamaan regresinya adalah Y= 5,376+0.332 X1+0.543 X2 dan nilai R Square sebesar 0,324 atau 32%. Nilai Freg sebesar 15,604 dan nilai Ftabel sebesar 3,15 dengan jumlah responden 62. Keputusan pengujian dengan cara membandingkan antara Fhitung dan Ftabel diperoleh hasil bahwa Fhitung > Ftabel (15,604 > 3,15). Nilai sig. adalah 0,000, artinya nilai sig. 0,000 < 0,05 hal ini artinya word square dan media visual gambar berpengaruh secara simultan terhadap pemahaman peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIhsan, IhsanUNSPECIFIED
Thesis advisorRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Word Square, Media Visual Gambar, Pemahaman Peserta didik, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:43
Last Modified: 14 Apr 2023 03:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9730

Actions (login required)

View Item View Item