Strategi Pendidik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Pembelajaran IPS di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Lestari, Siti (2022) Strategi Pendidik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Pembelajaran IPS di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (429kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (235kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (428kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII pada pembelajaran IPS di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus, dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang sumber data utamanya untuk menjawab rumusan masalah yang ada di lapangan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian memperoleh data yang mengarah pada transkip wawancara, data lapangan, dokumentasi, dan lain-lain. Subyek dalam penelitian ini adalah pendidik IPS dan peserta didik kelas VII. Data-data terkait strategi pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII pada pembelajaran IPS. Setelah data-data terkumpul, penelitian ini memperoleh tiga temuan, yaitu: 1) Strategi pendidik dalam proses belajar mengajar IPS kelas VII di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus yaitu dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran sesuai RPP, dan evaluasi pembelajaran. 2) Bentuk strategi pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII pada pembelajaran IPS di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus. Bentuk strateginya dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menggunakan media pembelajaran, dan memberikan reward atau hadiah kepada peserta didik. 3) Kendala dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas VII di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus yaitu kurangnya minat belajar peserta didik, kemampuan belajar peserta didik yang berbeda-beda, faktor lingkungan teman sebaya, dan kurangnya sumber belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNur, Dany Miftah MUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Motivasi Belajar, IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:30
Last Modified: 17 Apr 2023 01:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9733

Actions (login required)

View Item View Item