Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Penerapan Reward dan Punishment di MI NU Imaduddin Mejobo

Mubarokah, Arinal (2022) Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Penerapan Reward dan Punishment di MI NU Imaduddin Mejobo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVERR.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (699kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (388kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Penerapan Reward dan Punishment di MI NU Imaduddin Mejobo, dan 2) Dampak Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Penerapan Reward dan Punishment di MI NU Imaduddin Mejobo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas 3 dan 5, dan peserta didik. Selain itu juga mengumpulkan data melalui dokumentasi sebagai pelengkap data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara data reduction, data display, dan conclulation drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, perencanaan yang disusun selama rapat pada awal tahun pembelajaran, berisi tentang peraturan kegiatan di dalam dan di luar kelas. Peraturan di dalam kelas dapat berupa RPP, dan di luar kelas berupa kegiatan-kegiatan yang telah ditentukan dalam ekstrakurikuler. Sementara dalam pelaksanaannya bentuk reward dan punishment yang diberikan ada dua jenis, yaitu secara verbal dan non verbal. Bentuk-bentuk reward yang diberikan yaitu tepuk tangan, pujian, motivasi, dan acungan jempol. Bentuk punishment yaitu peserta didik membaca doa atau menghafal surat-surat pendek Al-Quran sendirian, di dalam kelas atau di ruang kantor guru. Pemberian reward dan punishment ini diberlakukan secara bertahap dan mengandung nilai-nilai islami dan mendidik. Evaluasi yang digunakan merupakan evaluasi proses, Ada tiga jenis evaluasi yang dilakukan, yaitu 1) evaluasi kepala sekolah kepada guru, 2) evaluasi guru kepada peserta didik, dan 3) evaluasi guru kepada orang tua atau wali. Kedua, dampak Penerapan Reward dan Punishment Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik di MI NU Imaduddin Mejobo, berdampak pada peserta didik secara baik. Dampak dari penerapan reward dan punishment sebagai penguatan karakter disiplin, peserta didik tetap pada kedisiplinan yang berlaku. Kedisiplinan peserta didik semakin kuat, terutama disiplin waktu, disiplin belajar, dan disiplin peraturan. Peserta didik mulai sadar diri, tanggung jawab, dan patuh pada peraturan yang berlaku karena tahu apabila melanggar dan berbuat kesalahan, maka mendapatkan sanksi atau punishment. Kendala guru dalam menerapkan reward dan punishment yaitu, terjadinya kecemburuan sosial pada penetapan reward dan jenis punishment yang hanya fokus pada aspek mengandung nilai mendidik dan Islami

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorHanik, Elya UmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Disiplin, Reward dan Punishment
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:23
Last Modified: 17 Apr 2023 03:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9755

Actions (login required)

View Item View Item