Ulwiyah, Zuniatul (2022) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Dalam Pembelajaran Ips Di Mts Nu Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (383kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (304kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (956kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (946kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (354kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (651kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (294kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
Abstract
Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah kurangnya rasa persatuan dan kurangnya keaktifan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division membantu dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan minat siswa melalui langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dalam pembelajaran IPS di MTs NU Mawaqi’ul Ulum dan kendala apa saja yang terjadi ketika pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dalam pembelajaran IPS di MTs NU Mawaqi’ul Ulum. Jenis penelitian yang digunakan aalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu dengan triangulasi dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division pada mata pelajaran IPS, telah dilakukan sejak tahun 2005, tetapi akomodasi menyeluruh terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division belum maksimal. Adapun hambatanya adalah: 1) Kurangnya prasarana sekolah yang mendukung proses pembelajaran berlangsung 2) alokasi waktu yang terbatas 3) Kurangnya pemahaman siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan langkah-langkah dari model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division yaitu: 1) Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberi motivasi kepada siswa 2) Menyajikan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang sudah ditentukan 3) Membentuk kelompok belajar siswa 4) Guru melakukan presentasi kelas 5) Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok 6) Guru membagikan lembar tugas kepada siswa dengan dikerjakan secara mandiri 7) Guru memberikan penghargaan kepada siswa atau kelompok yang dianggap menyelesaikan tugas dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division, Pembelajaran IPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2023 02:23 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2023 02:23 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9811 |
Actions (login required)
View Item |