Duplikasi Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Dalam Pembelajaran STEAM Topik Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Untuk Melatih Keterampilan Berpikirkreatif Siswa Kelas VIII Mts Darul Ulum Tahun 2021/2022

Nisyak, Ika Khairun (2022) Duplikasi Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Dalam Pembelajaran STEAM Topik Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Untuk Melatih Keterampilan Berpikirkreatif Siswa Kelas VIII Mts Darul Ulum Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (391kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (659kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (589kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (729kB)
[img] Text
8, BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran STEAM dengan proyek duplikasi alat musik tradisional pada topik getaran, gelombang, dan bunyi dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui pembuatan alat musik tradisional dengan pembelajaran STEAM. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian berupa Quasi Eksperimental Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas VIII A dan kelas VIII B MTs Darul Ulum Srikandang, Bangsri, Jepara yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Uji Independent Sample T-Test dan Uji Paired Sample T-Test). Keterlaksanaan pembelajaran STEAM-PjBL dapat terlaksana dengan baik yang dtunjukkan dengan lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa. Melalui pembuatan proyek alat musik tradisional dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan diperoleh perbedaan hasil uji paired sample t-test sebesar 0,000, dimana jika nilai yang diperoleh kurang dari 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak berarti “ terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan pembelajaran STEAM berbasis PjBL melalui pembuatan alat musik tradisional”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudhi, Henry SetyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STEAM Berbasis Pjbl, Kemampuan Berpikir Kreatif, Alat Musik Tradisional
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Apr 2023 02:29
Last Modified: 27 Apr 2023 02:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9813

Actions (login required)

View Item View Item