Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia KC. Kudus)

Pangestuti, Widi (2022) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia KC. Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (283kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (507kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (656kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (394kB)

Abstract

Persaingan yang semakin ketat mendorong perusahaan menerapkan strategi terbaiknya untuk dapat unggul dalam industri. Bank Syariah Indonesia KC. Kudus menerapkan Relationship Marketing untuk meningkatkan loyalitas nasabahnya. Hal ini terus menerus dilakukan mengingat pangsa bank syariah masih jauh dibawah bank konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas nasabah dengan mediasi kepuasan nasabah. Relationship Marketing lebih lanjut dirinci dengan 1) ikatan keuangan, 2) ikatan sosial dan 3) ikatan struktural. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Syariah Indonesia KC. Kudus. Sampel dihitung dengan menggunakan rumus sampel Wibisono diperoleh sebanyak 100 responden. Penarikan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan path analysis dengan tingkat signifikan sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikatan keuangan dan ikatan sosial berpengaruh terhadap kepuasan, sedangkan ikatan struktural tidak berpengaruh terhadap kepuasan. Ikatan keuangan, sosial dan struktural berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Semua ikatan berpengaruh secara tidak langsung melalui kepuasan sebagai variabel intervening. Simpulan dari penelitian ini adalah apabila ikatan keuangan, ikatan sosial dan ikatan struktural yang diterapkan meningkat, maka loyalitas nasabah juga akan meningkat. Perusahaan diharapkan untuk meningkatkan ikatan keuangan, iaktan sosial dan ikatan struktural agar tercipta hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan nasabah. Saran untuk peneliti selanjutnya agar tetap mempertimbangkan variabel ikatan keuangan, ikatan sosial dan ikatan struktural sebagai faktor pembentuk loyalitas nasabah. Selain itu untuk mengembangkan hasil dari penelitian ini diharapkan agar menambah variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndriyanto, IrsadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Kepuasan, Loyalitas, Bank
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Apr 2023 09:04
Last Modified: 27 Apr 2023 09:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9849

Actions (login required)

View Item View Item