Ramadhani, Annisa Dita (2023) Penerapan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Nilai Keislaman pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas II MI NU Nahdlatus Shibyan Ngemplak Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (410kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (704kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (395kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (658kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (248kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan media pembelajaran scrapbook berbasis nilai keislaman pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas II MI NU Nahdlatus Shibyan Ngemplak Undaan Kudus, 2) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran dalam penerapan media pembelajaran scrapbook berbasis nilai keislaman pada pembelajaran PPKn kelas II MI NU Nahdlatus Shibyan Ngemplak Undaan Kudus, dan 3) keberhasilan penerapan media pembelajaran scrapbook berbasis nilai keislaman pada pembelajaran PPKn kelas II MI NU Nahdlatus Shibyan Ngemplak Undaan Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber pengambilan data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Subjek penelitian ini yakni guru kelas II dan peserta didik kelas II dengan jumlah 23 peserta didik dengan metode pengumpulan data yakni dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan yakni uji kredibilitas data dan uji transferability. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan langkah proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini yakni 1) langkah-langkah penerapan media pembelajaran scrapbook berbasis nilai keislaman pada pembelajaran PPKn meliputi: tahap perencanaan, dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), metode dan media pembelajaran yakni media pembelajran scrapbook berbasis nilai keislaman, serta bahan ajar, kemudian tahap pelaksanaan yakni dengan melaksanakan pembelajaran yang disesuaikan dengan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan sebelumnya secara sistematis dengan penerapan media pembelajaran scrapbook berbasis nilai keislaman, dan tahap evaluasi pembelajaran, dengan pengerjaan soal yang dikerjakan secara individu oleh masing-masing peserta didik. 2) terdapat faktor pendukung dan penghambat pembelajaran, adapun faktor pendukung pembelajaran yakni a) keadaan fisik yang sehat, b) kemampuan guru dalam mengajar, c) motivasi belajar, d) keaktifan peserta didik, dan e) sarana dan prasarana, serta faktor penghambat pembelajaran yakni a) perbedaan karakteristik pada masing-masing peserta didik dan b) waktu pembelajaran yang dibutuhkan cukup lama. Beberapa tahap pembelajaran tersebut mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dan 3) keberhasilan penerapan media pembelajaran scrapbook berbasis nilai keislaman dapat terlihat dari beberapa indikator motivasi belajar yakni a) konsentrasi terhadap pembelajaran, b) rasa ingin tahu yang tinggi, c) rasa semangat, d) kesiapan, dan e) percaya diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Scrapbook, Nilai Keislaman, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 May 2023 01:53 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 01:53 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10000 |
Actions (login required)
View Item |