Utami, Puji (2023) Peran Guru PAI dalam Membina Etika Toleransi Antar Umat Beragama Siswa di SMK Gajah Mada 01 Margoyoso Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover- Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (197kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Etika toleransi beragama yang ada di SMK Gajah Mada 01 Margoyoso Pati 2) Peran guru PAI dalam membina etika toleransi antar umat beragama siswa di SMK Gajah Mada 01 Margoyoso Pati 3) Faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam membina etika toleransi antar umat beragama siswa di SMK Gajah Mada 01 Margoyoso pati. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil obervasi partisipan, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis data penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran etika toleransi beragama siswa di SMK Gajah Mada 01 meliputi sikap saling menghargai dan menghormati antar siswa yang berbeda agama, mampu berbaur dan berteman tanpa membeda-bedakan, ikut berkontribusi dalam kegiatan keagamaan, dan tidak adanya diskriminasi terhadap agama minoritas (2) Peran guru PAI terhadap pembinaan etika toleransi beragama antara lain melalui keteladanan yang dicontohkan oleh guru, melalui pembelajaran di dalam kelas, penanaman budi pekerti dan pembentukan karakter, teguran dan pengkondisian (3) Faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam membina etika toleransi antar umat beragama siswa. Faktor pendukung meliputi lingkungan sekolah yang mendukung, kepala sekolah yang mendukung, kerja sama antara guru PAI dengan guru bidang studi lain, dan pemahaman yang cukup terkait toleransi oleh siswa. Sedangkan faktor penghambatnya ialah jam pembelajaran yang kurang, fasilitas yang kurang memadai, dan karakteristik siswa itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Etika Toleransi, Peran Guru, Guru Agama | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 May 2023 02:43 | ||||||
Last Modified: | 25 May 2023 02:43 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10073 |
Actions (login required)
View Item |