Said, Ahmad (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD 3 PEDAWANG KUDUS TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
file 1 Cover.pdf Download (4MB) |
|
Text
file 2 Abstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text
file 4 daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 5 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 6 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 7 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 8 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 9 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 10 Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di SD 3 Pedawang Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di SD 3 Pedawang Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Untuk menyelesaikan permasalahan dalam penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi partisipasi pasif (passive participant), wawancara mendalam (in depth interview), dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan analisis data atau kesimpulan sementara dari data hasil penelitian yang telah dilakukan. Adapun dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran ekspositori adalah pembelajaran yang menekankan pada kemampuan bertutur guru/proses penyampaian materi secara langsung dari guru kepada siswa sehingga siswa dapat menguasai materi secara optimal. Pembelajaran ini dilaksanakan melalui lima langkah yaitu persiapan, penyajian materi, menghubungkan, menyimpulkan, dan aplikasi. Adapun dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa sekolah mengadakan kegiatan seperti membuang sampah pada tempatnya, dan membuat jadwal menyapu. Faktor pendukung penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di SD 3 Pedawang Kudus yaitu pendidik yang berkompeten, sumber belajar, dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan Faktor penghambat penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di SD 3 Pedawang Kudus yaitu berasal dari siswa dan lingkungan tempat tinggal siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Ekspositori; Karakter Peduli Lingkungan Siswa |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 May 2017 01:33 |
Last Modified: | 21 May 2017 01:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1034 |
Actions (login required)
View Item |