Lisa’adah, Musyrofatul Ummah (2023) Penerapan Media Flash Card dan Model Round Table untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas V MI NU Thoriqotus Sa’diyah Colo Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (287kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (355kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (861kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (307kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (508kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (275kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan penerapan media Flash Card dan model Round Table untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara jawa Siswa kelas V di MI NU Thoriqotus Sa’diyah tahun pelajaran 2021/2022. 2) Mendapatkan deskripsi mendalam tentang peningkatan keterampilan membaca dan menulis setelah diterapkannya media Flash Card dan model Round Table siswa kelas V MI NU Thoriqotus Sa’diyah tahun pelajaran 2021/2022. 3) Mendapatkan deskripsi mendalam tentang faktor pendukung dalam penerapan media Flash Card dan model Round Table untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara jawa siswa kelas V MI NU Thoriqotus Sa’diyah tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif melalui riset di lapangan yakni di MI NU Thoriqotus Sa’diyah Colo Dawe Kudus. Subyek penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru mapel bahasa jawa, dan 30 siswa kelas V MI NU Thoriqotus Sa’diyah. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri. Data diperoleh dengan dari sumber data primer dan sumber data sekunder, melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Penerapan media flash card dan model round table untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara jawa siswa kelas V MI NU Thoriqotus Sa’diyah sudah berjalan dengan baik. Model round table membuat siswa menjadi lebih percaya diri untuk menyampaikan gagasannya. Karena melalui model tersebut siswa berkesempatan untuk menyampaikan gagasannya dan meningkatkan rasa kerjasama siswa. 2) Nilai keterampilan membaca dan menulis setelah diterapkannya media flash card dan model round table mengalami peningkatan. Rata-rata keterampilan membaca siswa pada pertemuan I yaitu 57,16 mengalami peningkatan pada pertemuan II yaitu menjadi 80,38. Pada keterampilan menulis aksara jawa, nilai rata-rata pada pertemuan I yaitu 69,65 mengalami peningkatan menjadi 88,69. 3) Faktor pendukung diterapkannya media flash card dan model round table pada mapel bahasa jawa. Faktor pendukung diantaranya yaitu : materi yang mendukung media dan model, yaitu kesesuian media dan model dengan materi yang diajarkan. Situasi yang mendukung, yaitu jam pembelajaran pada jam pertama sehingga siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Tanggapan positif siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Flash Card, Model Round Table, Aksara Jawa, Keterampilan Membaca, Keterampilan Menulis | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Jun 2023 07:19 | ||||||
Last Modified: | 20 Jun 2023 07:19 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10353 |
Actions (login required)
View Item |