Hidayatika, Santi Ulliyana (2023) Peran Madrasah dalam Membangun Karakter Peserta Didik Berbasis Nilai-Nilai Moderasi Islam di MTs NU Miftahul Falah Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (377kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (299kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (511kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (608kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (428kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (293kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (507kB) |
Abstract
Krisis moral yang muncul dikalangan peserta didik perlu direduksi agar tidak terjadi kebiasaan yang terus menerus berkelanjutan. Krisis moral peserta didik di antaranya berupa pergaulan bebas, perkelahian, bulliying, dan penyalahgunaan media digital. Realitas tersebut membutuhkan respon pentingnya membangun karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk peran madrasah dalam membangun karakter peserta didik berbasis moderasi Islam di MTs NU Miftahul Falah. Penelitian ini juga mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam membangun karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Adapun subyek pada penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru BK, wali kelas, guru pengampu mata pelajaran Ke-NUan dan peserta didik. Terdapat tiga teknik dalam penggalian data yaitu melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Sedangkan teknik analisis data menggunakan empat tahap yaitu data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya madrasah dalam membangun karakter peserta didik berbasis nilai-nilai moderasi Islam di MTs NU Miftahul Falah Dawe Kudus yang pertama yaitu nilai tawassuth yang meliputi kegiatan kamis beramal, pembiasaan sikap menghormati pada semua guru di madrasah, kegiatan penggalangan dana PMI (Palang Merah Indonesia), menjenguk teman yang sakit, dan santunan anak yatim. Kedua yaitu nilai tawazun yang diterapkan melalui kegiatan berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, berdoa ketika baru berangkat dan pulang dari madrasah, mengikuti Peringatan Hari Besar Islam dan Nasional, kesediaan menerima kritik dan saran dari teman, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti muhadasah, kajian kitab salaf, conversation, dan jurnalistik, serta menambahkan mata pelajaran salafiyah khas pesantren. Ketiga yaitu nilai adalah dengan menerapkan tata tertib madrasah, isuk ngaji, dan berjabat tangan kepada guru sebelum memasuki kelas. Keempat yaitu nilai tasamuh yang meliputi sikap menghargai perbedaan (larangan bulliying), menghargai pendapat teman, dan membudayakan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun). Kelima yaitu nilai syura yang meliputi kegiatan pemilihan ketua OSIS, musyawarah pada saat pembagian piket kelas, dan musyawarah pada saat pembuatan struktur kelas. Peran-peran tersebut ditempuh melalui tiga tahapan yakni tahap pengetahuan, pelaksanaan, dan pembiasaan. Adapun faktor pendukungnya yaitu terdapat banyak guru yang juga alumni dari pesantren, terdapat pondok pesantren di sekitar madrasah, keluarga yang mendukung, lingkungan yang mendukung, serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu dari guru dalam mengawasi peserta didik, dan peserta didik yang sudah lelah dengan banyaknya mata pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Membangun Karakter, Peserta Didik, Nilai-Nilai Moderasi Islam | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:48 | ||||||
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:48 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10400 |
Actions (login required)
View Item |