Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca dan menulis Al-Qur’an Siswa Kelas IV-VI SD 01 Peganjaran Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Fatimatuzzahro, Fatimatuzzahro (2023) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca dan menulis Al-Qur’an Siswa Kelas IV-VI SD 01 Peganjaran Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca dan menulis kelas IV-VI SD 01 Peganjaran Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan ini dalam penelitian ini dengan cara penyebaran kuesioner secara langsung pada siswa kelas IV-VI SD 01 Peganjaran Kudus sebanyak 45 siswa. Metode analisis menggunakan metode analisis regresi berganda dengan bantuan program olah data SPSS versi 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji korelasi produk moment diperoleh nilai Rhitung lebih besar dari Rtabel (0,889>0,301). Hal ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler BTA berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca dan menulis Kelas IV-VI di SD 01 Peganjaran Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Sedangkan hasil Analisa korelasi dan uji hipotesis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa kegiatan ekekstrakurikuler BTQ mempunyai hubungan yang kuat terhadap kemampuan membaca dan menulis Kelas IV-VI di SD 01 Peganjaran Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 yaitu dengan nilai R2 sebesar 0,79. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler BTQ mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis hanya sebesar 79,0%. Sisanya 21,0% ditentukan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulton, SultonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler, Baca Tulis Al-Qur’an, Kemampuan Membaca dan Menulis
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:08
Last Modified: 24 Jul 2023 02:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10643

Actions (login required)

View Item View Item