Suroyya, Laana Nafisatus (2023) Penerapan Metode Mendongeng Berbasis Media Gambar Seri Untuk Melatih Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 MI NU Basyirul Anam Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (574kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (693kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (328kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (570kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (360kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (470kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan metode mendongeng berbasis media gambar seri untuk melatih keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 MI NU Basyirul Anam Jati Kudus, 2) untuk mengetahui perkembangan keterampilan berbicara melalui penerapan metode mendongeng berbasis media gambar seri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 MI NU Basyirul Anam Jati Kudus. asa Indonesia kelas 3 MI NU Basyirul Anam Jati Kudus. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Penelitian ini dilaksanakan di MI NU Basyirul Anam Jati Kudus. Selanjutnya, untuk memperoleh data, penulis mengambil dari data primer yaitu guru kelas 3 dan peserta didik kelas 3. Selanjutnya data sekunder berupa arsip atau dokumen yang berkaitan dengan madrasah dan berkaitan dengan peserta didik. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan terdiri dari uji keabsahan data (credibility) dengan menggunakan triangulasi dan uji transferbility (Validitas Eksternal). Teknik analisis data terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusing drawaing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penerapan metode mendongeng berbasis media gambar seri dilaksanakan secara sistematis. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru dan peserta didik menyampaikan dongeng berbasis media gambar seri yang berbeda. Dalam penerapan mendongeng jenis dongeng dan media gambar seri yang digunakan adalah fabel sebagai jenis cerita yang sesuai dengan usia peserta didik kelas 3. 2) perkembangan keterampilan berbicara peserta didik bertambah berdasarkan penilaian dengan 5 indikator keberhasilan keterampilan berbicara. Dari 5 indikator keberhasilan 4 indikator telah terpenuhi dan 1 indikator belum terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitan diatas penelitian ini dinyatakan berhasil, karena keempat indikator keberhasilan sudah terpenuhi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar seri, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Keterampilan Berbicara | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa Indonesia |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2023 02:12 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2023 02:12 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10721 |
Actions (login required)
View Item |