Persepsi Guru tentang Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS) Kudus

Saifuddin, Muhammad (2023) Persepsi Guru tentang Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS) Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (560kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (378kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (695kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (747kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (396kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (843kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (467kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)

Abstract

Selama ini pembelajaran Akidah Akhlak dirasa masih sebatas pengetahuan kognitif atau bersifat pengetahuan saja, dengan penilaian bertumpu pada tes tulis. Persepsi guru mengenai pembelajaran Akidah Akhlak itu sendiri belum banyak digali. Persepsi guru perlu untuk digali karena persepsi guru mempengaruhi tindakan mereka di kelas dalam ranah pedagogis maupun profesional. Fokus penelitian ini tertuju pada empat aspek, yaitu: (1) aspek materi, (2) aspek metode, (3) aspek interaksi guru dengan siswa, dan (4) aspek pemanfaatan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan empat aspek persepsi guru tentang pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS) Kudus. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) studi kasus. Data dikumpulkan dari 3 responden guru yang mengajar mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS) Kudus tentang proses belajar mengajar Akidah Akhlak yang mereka laksanakan di madrasah tersebut. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara mengumpulkan data, memilih yang penting, mengklasifikasikan dan menyajikan data dengan teks yang bersifat naratif, kemudian yang terakhir menarik kesimpulan untuk memperoleh hasil penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa empat aspek, yaitu: (1) aspek materi, guru menyatakan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak tidak hanya mengandalkan buku paket dan LKS tetapi perlu diperkaya dengan materi dari kitab tentang hadist atau kitab-kitab lain. (2) aspek metode, penggunaan metode ceramah perlu diselingi dengan diskusi dan tanya jawab, agar proses pembelajaran tidak berjalan membosankan. (3) aspek interaksi guru dengan siswa, bahwa pentingnya penanaman akidah akhlak tersebut tidak terbatas di dalam kelas saja, guru perlu memberikan penanaman Akidah Akhlak di luar kelas seperti pemberlakuan aturan tidak boleh membawa hp, dan bersikap tawadhu’. (4) aspek pemanfaatan sumber belajar, penggunaan proyektor / LCD di madrasah TBS sudah memadai dan sangat menunjang pembelajaran Akidah Akhlak, guru juga menyatakan bahwa siswa perlu menambah dengan membaca sendiri dari referensi lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSanusi, SanusiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Pembelajaran Akidah Akhlak, Madrasah Tsanawiyyah.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:48
Last Modified: 16 Aug 2023 01:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10858

Actions (login required)

View Item View Item