Sa’adah, Kholisatus (2023) Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP IT Al-Ma’ruf dan MTs N Demak yang Tinggal Di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Candisari Mranggen DemakTahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (441kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (358kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (673kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (640kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (516kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (715kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (352kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (386kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar PAI siswa SMP/MTs yang tinggal di pondok pesantren Al-Ma’ruf Candisari Mranggen Demak tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yaitu peneliti terjun ke lapangan untuk mendapatkan data langsung dari responden. Sedangkan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMP/MTs yang tinggal di pondok pesantren Al-Ma’ruf berjumlah 93 siswa dan sampel penelitian adalah 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Menguji keabsahan data dengan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, serta uji hipotesis yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMP/MTs yang tinggal di pondok pesantren Al-Ma’ruf mampu menerapkan manajemen waktu dengan baik. Hal itu ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada angket yaitu 59,56 dari skor total 80, atau 59,56:80*100% = 74,45% yang ditafsirkan pada kualitas manajemen waktu dengan kriteria “tinggi”. Hasil belajar PAI siswa SMP/MTs yang tinggal di pondok pesantren Al-Ma’ruf memiliki nilai rata-rata 78,27 atau sama dengan 78,27:100*100% adalah 78,27% yang ditafsirkan pada predikat hasil belajar dengan kriteria “baik”. Hasil perhitungan analisis data kuantitatif menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan manajemen waktu terhadap hasil belajar PAI siswa SMP/MTs yang tinggal di pondok pesantren Al-Ma’ruf dilihat dari nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel (12,561 > 4,05) dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,05. Besarnya nilai korelasi sebesar 0,463 yang artinya memiliki korelsi sedang. Kemudian nilai R Square sebesar 0,214, yang berarti bahwa manajemen waktu memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 21,4%, 78,6% dipengaruhi faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Waktu Belajar, Hasil Belajar PAI | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 03:14 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 03:14 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11068 |
Actions (login required)
View Item |