Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP IT Al-Ma’ruf dan MTs N Demak yang Tinggal Di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Candisari Mranggen DemakTahun Ajaran 2022/2023

Sa’adah, Kholisatus (2023) Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP IT Al-Ma’ruf dan MTs N Demak yang Tinggal Di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Candisari Mranggen DemakTahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (358kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (673kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (640kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (516kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (715kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (352kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar PAI siswa SMP/MTs yang tinggal di pondok pesantren Al-Ma’ruf Candisari Mranggen Demak tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yaitu peneliti terjun ke lapangan untuk mendapatkan data langsung dari responden. Sedangkan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMP/MTs yang tinggal di pondok pesantren Al-Ma’ruf berjumlah 93 siswa dan sampel penelitian adalah 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Menguji keabsahan data dengan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, serta uji hipotesis yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMP/MTs yang tinggal di pondok pesantren Al-Ma’ruf mampu menerapkan manajemen waktu dengan baik. Hal itu ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada angket yaitu 59,56 dari skor total 80, atau 59,56:80*100% = 74,45% yang ditafsirkan pada kualitas manajemen waktu dengan kriteria “tinggi”. Hasil belajar PAI siswa SMP/MTs yang tinggal di pondok pesantren Al-Ma’ruf memiliki nilai rata-rata 78,27 atau sama dengan 78,27:100*100% adalah 78,27% yang ditafsirkan pada predikat hasil belajar dengan kriteria “baik”. Hasil perhitungan analisis data kuantitatif menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan manajemen waktu terhadap hasil belajar PAI siswa SMP/MTs yang tinggal di pondok pesantren Al-Ma’ruf dilihat dari nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel (12,561 > 4,05) dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,05. Besarnya nilai korelasi sebesar 0,463 yang artinya memiliki korelsi sedang. Kemudian nilai R Square sebesar 0,214, yang berarti bahwa manajemen waktu memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 21,4%, 78,6% dipengaruhi faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNusaibah, NusaibahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Waktu Belajar, Hasil Belajar PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:14
Last Modified: 21 Oct 2023 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11068

Actions (login required)

View Item View Item