Wulandari, Hesti (2023) Diskursus Moralitas Hadis Dalam Kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h Al-Ta’allum Karya Syaikh Az-Zarnuji. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (294kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (687kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (651kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (307kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (915kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (205kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (456kB) |
Abstract
Dalam upaya memperbaiki perilaku ini, Nabi Muhammad menjadi cermin utama sekaligus menjadi uswah hasanah. Terdapat kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h al-Ta’allum karya al-Zarnuji yang berisikan tentang ajaran akhlakakhlak yang diintisarikan dari hadis-hadis Nabawi sebagai langkah untuk mengikuti sunnah Nabi Saw. Penelitian terfokus pada tiga rumusan masalah; Pertama, bagimana kualitas hadis-hadis tentang moralitas dalam kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h al-Ta’allum; Kedua, bagaimana interpretasi hadis-hadis tentang moralitas dalam kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h al-Ta’allum; Ketiga, bagaimana diskursus moralitas dalam dalam hadis-hadis pada kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h al-Ta’allum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (Qualitative Research) dengan menggunakan pendekatan analisis wacana (discourse analysis) terhadap data-data yang bersumber dari kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h al-Ta’allum sebagai sumber primer dan beberapa referensi lain yang relevan terhadap penelitian sebagai sumber sekunder. Hasil dari penelitian ini yaitu Pertama, diketahui terdapat 25 hadis dalam kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h al-Ta’allum 10 di antaranya memiliki kualitas hasan/shahih dan 15 lainnya tidak ditemukan dalam kitab-kitab hadis. Kedua, Interpretasi hadis moralitas dalam kitab Ta’li>m Muta’allim T{ari>q al-Ta’allum terbagi menjadi tiga sub-bab. Dalam hal moralitas pribadi murid haruslah memiliki kepribadian yang unggul, tawadlu, serta gemar beribadah. Moralitas murid kepada guru dapat diartikan bahwasannya murid harus selalu menghormati gurunya meskipun terjadi perdebatan, memberikan kritik bukan hujatan, serta tidak boleh merendahkan gurunya. Moralitas murid ketika belajar adalah dengan mempelajari ilmu yang mendekatkan kepada Allah Swt. Ketiga, dalam kajian diskursus, moralitas yang dikembangkan oleh Syaikh az-Zarnuji dalam kitab Ta’li>m Muta’allim T{ari>q al-Ta’allum meliputi pembentukan dan penguatan kepribadian murid yang baik, etika murid kepada guru, dan etika murid ketika belajar. Ketiga hal tersebut haruslah saling bersinergi guna mencapai tujuan belajar yang disabdakan oleh Nabi Saw.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Diskursus Moralitas; Hadis Moralitas, Kitab Ta’lim al-Muta’allim | ||||||
Subjects: | Hadits dan Ilmu yang berkaitan Hadits dan Ilmu yang berkaitan > Kumpulan Hadits menurut bidang tertentu |
||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 03:49 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 03:49 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11091 |
Actions (login required)
View Item |