Diskursus Moralitas Hadis Dalam Kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h Al-Ta’allum Karya Syaikh Az-Zarnuji

Wulandari, Hesti (2023) Diskursus Moralitas Hadis Dalam Kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h Al-Ta’allum Karya Syaikh Az-Zarnuji. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (687kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (651kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (915kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)

Abstract

Dalam upaya memperbaiki perilaku ini, Nabi Muhammad menjadi cermin utama sekaligus menjadi uswah hasanah. Terdapat kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h al-Ta’allum karya al-Zarnuji yang berisikan tentang ajaran akhlakakhlak yang diintisarikan dari hadis-hadis Nabawi sebagai langkah untuk mengikuti sunnah Nabi Saw. Penelitian terfokus pada tiga rumusan masalah; Pertama, bagimana kualitas hadis-hadis tentang moralitas dalam kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h al-Ta’allum; Kedua, bagaimana interpretasi hadis-hadis tentang moralitas dalam kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h al-Ta’allum; Ketiga, bagaimana diskursus moralitas dalam dalam hadis-hadis pada kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h al-Ta’allum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (Qualitative Research) dengan menggunakan pendekatan analisis wacana (discourse analysis) terhadap data-data yang bersumber dari kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h al-Ta’allum sebagai sumber primer dan beberapa referensi lain yang relevan terhadap penelitian sebagai sumber sekunder. Hasil dari penelitian ini yaitu Pertama, diketahui terdapat 25 hadis dalam kitab Ta’li>m Muta’allim Thariqa>h al-Ta’allum 10 di antaranya memiliki kualitas hasan/shahih dan 15 lainnya tidak ditemukan dalam kitab-kitab hadis. Kedua, Interpretasi hadis moralitas dalam kitab Ta’li>m Muta’allim T{ari>q al-Ta’allum terbagi menjadi tiga sub-bab. Dalam hal moralitas pribadi murid haruslah memiliki kepribadian yang unggul, tawadlu, serta gemar beribadah. Moralitas murid kepada guru dapat diartikan bahwasannya murid harus selalu menghormati gurunya meskipun terjadi perdebatan, memberikan kritik bukan hujatan, serta tidak boleh merendahkan gurunya. Moralitas murid ketika belajar adalah dengan mempelajari ilmu yang mendekatkan kepada Allah Swt. Ketiga, dalam kajian diskursus, moralitas yang dikembangkan oleh Syaikh az-Zarnuji dalam kitab Ta’li>m Muta’allim T{ari>q al-Ta’allum meliputi pembentukan dan penguatan kepribadian murid yang baik, etika murid kepada guru, dan etika murid ketika belajar. Ketiga hal tersebut haruslah saling bersinergi guna mencapai tujuan belajar yang disabdakan oleh Nabi Saw.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAris, NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Diskursus Moralitas; Hadis Moralitas, Kitab Ta’lim al-Muta’allim
Subjects: Hadits dan Ilmu yang berkaitan
Hadits dan Ilmu yang berkaitan > Kumpulan Hadits menurut bidang tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:49
Last Modified: 21 Oct 2023 03:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11091

Actions (login required)

View Item View Item