Masduki, Putri Nabila (2023) Eksplorasi Etnomatematika dan Analisis Aktivitas Fundamental Matematis pada Proses Pembuatan Jenang Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (966kB) |
|
Text
02. Abstrak.pdf Download (248kB) |
|
Text
03. Daftar isi.pdf Download (363kB) |
|
Text
04. Bab 1.pdf Download (557kB) |
|
Text
05. Bab 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. Bab 3.pdf Download (390kB) |
|
Text
07. Bab 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
08. Bab 5.pdf Download (221kB) |
|
Text
09. Daftar Pustaka.pdf Download (356kB) |
Abstract
Selama ini, pelajaran matematika dianggap sulit oleh kebanyakan orang karena identik dengan berhitung dan memiliki banyak rumus. Konsep matematika memerlukan analisis yang lebih dibanding ilmu lain. Analisis tersebut dilakukan berdasarkan objek matematika yang berbentuk abstrak. Sehingga peserta didik kurang mampu mengkonstruksi dan memahami konsep matematis dalam aktivitas riil. Etnomatematika menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk membuat inovasi pembelajaran matematika yang mengaitkan matematika dalam aktivitas budaya sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas fundamental matematis dan konsep-konsep matematis yang ada pada proses pembuatan jenang Kudus. Subjek penelitian ini adalah tiga narasumber dari tiga tempat usaha jenang yang ada di Kudus. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara, pedoman observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat aktivitas fundamental matematis dan konsep matematis pada proses pembuatan jenang Kudus. Pertama, pada analisis aktivitas fundamental matematis menurut Bishop ditemukan aktivitas counting, measuring, playing, dan designing. Kedua, ditemukan konsep matematis yang diterapkan di dalamnya berupa konsep perbandingan, konsep konversi, konsep pecahan, dan konsep perhitungan secara pencacahan serta konsep aljabar, program linier, dan aritmatika. Konsep kombinasi, konsep himpunan, konsep bangun datar dan bangun ruang, konsep translasi, dan konsep rotasi juga dapat ditemukan pada proses pembuatan jenang Kudus. Dengan demikian hasil kajian etnomatematika yang ditemukan dapat digunakan sebagai media pembelajaran kontekstual dengan berbagai model pendekatan dalam membantu memfasilitasi peserta didik sehingga mampu mengkonstruksi dan memahami konsep materi matematika yang abstrak dalam aktivitas riil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Aktivitas Fundamental Matematis, Jenang Kudus, Proses Pembuatan Jenang Kudus | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Wirausaha | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 07:05 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 07:05 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11158 |
Actions (login required)
View Item |