ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM PAUD BERBASIS AL-QUR’AN DI PAUD TPQ AL-FURQAN KANGKUNG MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hidayah, Iffatul (2017) ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM PAUD BERBASIS AL-QUR’AN DI PAUD TPQ AL-FURQAN KANGKUNG MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Diploma thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (786kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (491kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (822kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (509kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (649kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (501kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB)

Abstract

Kurikulum mencerminkan keinginan, cita-cita tuntunan dan kebutuhan masyarakat. Sekolah memang didirikan oleh dan untuk masyarakat sehingga seharusnya sekolah memperhatikan dan merespons terhadap suara-suara dalam masyarakat, seperti PAUD TPQ Al-Furqan Kangkung Mranggen Demak sudah di melaksanakan kurikulum berbasis al-Qur’an. Kurikulum berbasis al-Qur’an tak lepas dari adanya struktur kurikulum. Struktur kurikulum pendidikan anak usia dini merupakan pengorganisasian muatan kurikulum, kompetensi inti, kompetensi dasar, dan lama belajar Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum PAUD berbasis al-Qur’an di PAUD TPQ Al-Furqan Kangkung Mranggen Demak (2) Untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kurikulum PAUD berbasis al-Qur’an di PAUD TPQ Al-Furqan Kangkung Mranggen Demak Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden penelitian ini adalah kepala PAUD, guru kelas, dan orang tua siswa/siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan kurikulum PAUD Berbasis Al-Qur’an di PAUD TPQ Al-Furqan Kangkung Mranggen Demak mengacu pada struktur kurikulumnya yang diatur sesuai dengan ketentuan yang ada, seperti kelompok usia, aspek-aspek pengembangan, kompetensi dan hasil belajar serta indikator kemampuan. (2) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kurikulum PAUD berbasis Al-Qur’an di PAUD TPQ Al-Furqan Kangkung Mranggen Demak adalah partisipasi dan kerjasama masyarakat, sebab tujuannya untuk membantu dana seikhlasnya, tenaga untuk memperbaiki sarana dan prasarana sekolah, selain itu masyarkat juga sering diminta bantuan untuk memperlancar adanya proses belajar mengajar, seperti lapangan tempat bermain, olah raga siswa PAUD TPQ Al-Furqan Kangkung Mranggen Demak dan lain sebagainya. Kelebihan dari pelaksanaan kurikulum PAUD berbasis al-Qur’an di PAUD TPQ Al-Furqan Kangkung Mranggen Demak adalah dalam pelaksanaannya kami didukung oleh para fasilitator, dan juga peran aktif sebagian besar peserta didik untuk mengikuti arahan ataupun konsep kurikulum PAUD berbasis Al-Qur’an yang telah kami tentukan. Kekurangannya adalah Fasilitator belum memahami secara keseluruhan materi, sebagian peserta didik yang belum antusias dalam pembelajaran yang diberikan, peserta didik masih sangat labil dan sensitif kadang tidak mau mengikuti anjuran guru pada permainan tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Kurikulum PAUD; Berbasis Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 May 2017 07:43
Last Modified: 31 May 2017 07:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item View Item