KOMPETENSI GURU BK DALAM LAYANAN BIMBINGAN KEAGAMAAN ISLAMI PADA PESERTA DIDIK DI MTsN SUMBER TAHUN 2015

Jannah, Aji Nur (2016) KOMPETENSI GURU BK DALAM LAYANAN BIMBINGAN KEAGAMAAN ISLAMI PADA PESERTA DIDIK DI MTsN SUMBER TAHUN 2015. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru BK di MTsN Sumber, mengetahui upaya guru BK di MTsN Sumber dalam mengembangkan kompetensinya, dan mengetahui bentuk kontribusi kompetensi guru BK dalam pengembangan Bimbingan Keagamaan Islami pada peserta didik di MTSN Sumber. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara yang diperoleh dari wawancara dengan guru BK, kepala sekolah, dan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) mengenai kompetensi guru BK, pertama kompetensi pedagogik guru BK, disini guru BK untuk bisa menguasai materi maupun teori pendidikan yang harus disesuaikan dengan kondisi siswa, dengan memberikan model pembelajaran yang diberikan pada siswa, menguasai kondisi siswa, sehingga siswa ini diberikan bimbingan maupun diberikan konseling sesuai kondisi siswa masing-masing dengan teori yang ada, kedua kompetensi kepribadian guru BK, dimana guru BK mempunyai pribadi seorang pembimbing yang berakhlak, beriman, bertanggung jawab, disiplin, dan pengetahuan luas yang bisa di dapat dari mengikuti seminar, belajar dari buku- buku, dan belajar dari lingkungan, ketiga kompetensi sosial guru BK, dimana guru BK mempunyai rasa empati, peduli dengan orang lain, memiliki kepekaan yang ix tinggi, dan bekerja sama dengan orang lain, seperti bekerja sama dengan siswa, guru, kepala sekolah, wali murid, dan staf lainnya, keempat kompetensi profesional guru BK, dimana BK itu tidak bisa dilaksanakan sembarang orang, karena BK itu ada ilmunya sendiri. (2) langkah yang diupayakan guru BK guna meningkatkan kompetensi guru BK yaitu dengan mengikuti seminar, belajar dari buku-buku, dan belajar dari lingkungan. (3) mengenai kontribusi kompetensi guru BK dalam mengembangkan layanan bimbingan keagamaan Islami, pertama kontribusi kompetensi pedagogik guru BK dalam mengembangkan bimbingan keagamaan Islami pada peserta didik, yaitu di MTsN Sumber ini kita menggunakan elaborasi dan eksplorasi, sehingga di sini lebih disebut psikomotorik yang sekarang dikembangkan menjadi karakteristik, karena dari siswa kemudian guru BK elaborasi lalu di eksplorasi, dari eksplorasi guru BK menggali apa kekurangan dan kelebihan peserta didik, kedua kontribusi kompetensi kepribadian guru BK dalam mengembangkan bimbingan keagamaan Islami pada peserta didik yaitu guru BK sebagai mitra siswa, dengan bisa memposisikan dirinya sebagai teman, pemimpin, orang tua dan terakhir guru. Sehingga guru BK dapat menjadi tauladan, dengan kepribadian yang baik dan Islami, maka guru BK mampu memberikan contoh dan tauladan yang baik dan Islami kepada peserta didik, ketiga kontribusi kompetensi sosial guru bimbingan konseling dalam mengembangkan bimbingan keagamaan Islami pada peserta didik yaitu guru BK menggunakan pendekatan dengan peserta didik. Dimana pendekatan yang guru BK digunakan yaitu dengan guru BK bisa memposisikan diri sebagai teman, pemimpin, orang tua, maupun guru. Dampak dari pendekatan tersebut siswa lebih akrab dengan guru BK, keempat kontribusi kompetensi profesional guru BK dalam mengembangkan bimbingan keagamaan Islami pada peserta didik yaitu guru BK menerapkan hakikat bimbingan keagamaan Islami. Kata Kunci: Kompetensi Guru BK, Bimbingan Keagamaan Islami

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2017 01:46
Last Modified: 04 Jun 2017 01:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item