Prasetiyawati, Eka (2023) Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Mengembangkan Literasi Numerasi Siswa Kelas IV MI Naba’ul Ulum Wonorejo Tlogowungu Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (351kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (368kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (552kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (738kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (394kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (734kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (359kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (539kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana penerapan, 2) literasi numerasi siswa, 3) faktor pendukung dan penghambat dari penerapan bahan ajar matematika berbasis problem based learning untuk mengembangkan literasi numerasi siswa kelas IV MI Naba’ul Ulum Wonorejo Tlogowungu Pati. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini yaitu guru pengampu mata pelajaran matematika serta siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik tes. Sedangkan uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi, diskusi dengan teman sejawat (member cheks), ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan dan menjaga orientasi data. Untuk analisis data yang digunakan yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyaji data), penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Penerapan bahan ajar matematika berbasis problem based learning di kelas IV MI Naba’ul Ulum Wonorejo Tlogowungu Pati memiliki beberapa langkah-langkah yaitu a) orientasi siswa pada masalah, b) mengorganisasikan siswa untuk belajar, c) membantu penyelidikan kelompok, d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, e) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 2) Literasi numerasi siswa dengan menerapkan bahan ajar matematika berbasis problem based learning dapat diukur dari beberapa indikator, yaitu: a) jumlah pelatihan guru matematika dan nonmatematika, b) jumlah pendidikan matematika berbasis masalah dan berbasis proyek, c) presentase pendidikan nonmatematika yang melibatkan unsur literasi numerasi, d) nilai matematika siswa dan e) hasil tes matematika PISA, TIMSS, dan INAP.3) Faktor pendukung dalam penerapannya, yaitu a) kondisi fisik dan kesehatan siswa, b) siswa memperhatikan guru dalam menjelaskan materi c) siswa memiliki motivasi belajar, d) hubungan antar guru, e) keaktifan peserta didik, f) sarana dan g) tenaga pendidik. Dan faktor penghambatnya yaitu: a) dalam mengerjakan soal yang berisi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, beberapa siswa tidak mau mengerjakan soal tersebut dan b) teman sebangku yang dengan sengaja mengajak temannya untuk berbicara atau bermain sendiri di luar materi pembelajaran selama kegiatan berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Matematika, Problem Based Learning, Literasi Numerasi | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 06:52 | ||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 06:52 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11314 |
Actions (login required)
View Item |