Nengrom, Lidia (2023) Pengelolaan Lingkungan Berbasis Etnoekologi dalam Pembelajaran IPS di SMP N 4 Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (916kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (223kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (325kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (445kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (343kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (897kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (191kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengelolaan lingkungan berbasis Etnoekologi dalam Pembelajaran IPS di SMP N 4 Bae Kudus(2) Pemahaman Siswa Terhadap pengelolaan lingkungan berbasis Etnoekologi dalam Pembelajaran IPS di SMP N 4 Bae Kudus.Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data peneliti yaitu sumber primer dan sekunder. Adapun subyek penelitian ini diantaranya yaitu Guru IPS, Ketua Adiwiyata, Kepala sekolah, dan peserta didik kelas VIII. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Proses analisis data dilakukan dengan menelaah secara mendalam terkait pengelolaan lingkungan berbasis etnoekologi dalam pembelajaran IPS di SMP N 4 Bae Kudusdan pemahaman siswa terkait lingkungan hidup yang berbasis etnoekologi di SMP N 4 Bae Kudus. Dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengelolaan lingkungan berbasis etnoekologi dalam pembelajaran IPS di SMP N 4 Bae Kuduspihak sekolah sudah berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan edukasi terhadap siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan. siswa sudah cukup baik dalam mengelola lingkungan. Dalam pengelolaan lingkungan SMP N 4 Bae Kudusmenerapkan dua pembiasaan yakni keteladanan pagi yang berisi piket pagi dan yang kedua pembelajaran di alam yang berisi kegiatan menanam, pembuatan drainase dan mengelola sampah(2) Pemahaman siswa terhadap pengelolaan lingkungan berbasis etnoekologi dalam mata pelajaran IPS di SMP N 4 Bae Kudusmeliputi aspek kebijaksanaan, kemandirian, religious, kreatif dan hidup sehat. Dengan adanya motivasi guru serta adanya dukungan dan arahan pada saat siswa belajar di alam. Didukung dengan adanya motivasi dan contoh teladan yang baik maka terciptalah siswa yang faham dan peduli terhadap pengelolaan lingkungan.Mengingat Pentingnya pengelolaan lingkungan dalam menjaga ekosistem dibumi maka penelitian ini sebagai wawasan dan pengetahuan yang barudan konkret. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya terkait pengelolaan lingkungan berbasis etnoekologi dalam ilmu sosial, karena peneliti memahami bahwa penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan.Oleh Karena itu, Perlu adanya masukan dari para pembaca mengenai Pengelolaan Berbasis Etnoekologi dalam Pembelajaran IPS di SMP N 4 Bae Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan lingkungan, etnoekologi, pembelajaran IPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2023 03:34 | ||||||
Last Modified: | 23 Oct 2023 03:34 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11384 |
Actions (login required)
View Item |