Implementasi Media Pembelajaran Plickers pada Mata Pelajaran IPS untuk Menumbuhkembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kudus

Nisa’, Ihdatus Sholikhatin (2023) Implementasi Media Pembelajaran Plickers pada Mata Pelajaran IPS untuk Menumbuhkembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (197kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh inovasi guru mata pelajaran IPS dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif dalam pembelajaran IPS yang monoton, seperti banyaknya menghafal, mencatat maupun metode ceramah yang diterapkan sehingga menimbulkan efek jenuh dan bosan terhadap siswa. Diadakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi media pembelajaran plickers pada pembelajaran IPS di kelas VIII MTs Negeri 1 Kudus, dan (2) dampak penggunaan media pembelajaran plickers dalam menumbuhkembangkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas VIII MTs Negeri 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian semua data dikumpulkan dan dilakukan analisis data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Media pembelajaran plickers di implementasikan pada mata pelajaran IPS di kelas VIII MTs Negeri 1 Kudus sebagai media pembelajaran untuk menumbuhkan minat siswa terhadap pelajaran IPS dan memberi kesegaran belajar pada siswa sehingga dapat menumbuhkembangkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. (2) Penggunaan media pembelajaran plickers dalam pembelajaran IPS membawa dampak yang baik pada siswa. Motivasi belajar siswa mengalami perkembangan, siswa cenderung antusias dan lebih tertarik dengan pembelajaran IPS bahkan ketika ulangan diadakan hal tersebut menjadikan nilai siswa cenderung lebih baik dari sebelumnya yang menggunakan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalaq, YusufUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Plickers, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:12
Last Modified: 26 Oct 2023 04:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11404

Actions (login required)

View Item View Item