Purwanti, Linda (2023) Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Critical Thinking Skill pada Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas V SD 3 Mijen. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
COVER-KATA PENGATAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (375kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (684kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (324kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (594kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (340kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran matematika. (2) mengetahui hasil implementasi pendekatan saintifik dalam mengembangkan critical thinking skill peserta didik pada mata pelajaran matematika. (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan critical thinking skill peserta didik pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan disebut field research, dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer meliputi guru kelas dan 22 peserta didik kelas V SD 3 Mijen. Sumber data sekunder meliputi dokumen tentang informasi SD 3 Mijen, visi, misi, dan tujuan SD 3 Mijen, kurikulum operasional di SD 3 Mijen, informasi pendidik di SD 3 Mijen, dan dokumen lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data. Analisi data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi, Menyusun, serta menarik kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran matematika kelas V SD 3 Mijen meliputi langkah-langkah pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis, dan mengkomunikasi dengan sistematis. (2) hasil implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran matematika dapat mengembangkan critical thinking skill peserta didik. (3) faktor pendukung berhasilnya pengembangan critical thinking skill yaitu rasa ingin tahu peserta didik dan guru yang menguasai materi, faktor penghambat dalam mengembangkan critical thinking skill pada mata pelajaran matematika yaitu kesulitan dalam berhitung dasar dan peserta didik tidak fokus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Critical Thinking skill, Mata Pelajaran Matematika, Kelas V | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2023 02:32 | |||||||||
Last Modified: | 02 Nov 2023 02:32 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11429 |
Actions (login required)
View Item |