Oktaviani, Della (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (273kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (588kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (570kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (393kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (617kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (187kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (491kB) |
Abstract
Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kudus terdapat permasalahan yang dihadapi oleh bapak ibu guru IPS yakni masih kesulitan dalam pembuatan perangkat pembelajarana. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kudus. 2) Untuk mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat dalam implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif di SMP Negeri 5 Kudus. Subjek yang dipilih peneliti pada penelitian ini terdiri dari wakil kepala sekolah, waka kurikulum, guru mata pelajaran IPS dan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 5 Kudus. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara semi-terstruktur, menggunakan observasi partisipatif pasif, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 2) Implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kudus sudah berjalan pada tahun ajaran baru 2022/2023 dengan tahapan berikut yakni perencanaan dengan mengikuti berbagai pelatihan dan membuat perangkat pembelajaran , pelaksanaan yang meliputi : a) kegiatan awal, b) kegiatan inti, c) kegiatan penutup, serta evaluasi. 2) Faktor pendorong dan penghambat implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kudus. Meliputi : a) faktor pendorong yakni dukungan dari sekolah, dukungan dari dinas, dan wali murid, terdapat guru penggerak, sarana dan prasarana yang memadai, serta motivasi dari peserta didik. b) Sedangkan faktor penghambat yakni guru senior, faktor dan jumlah peserta didik, alokasi waktu terbatas dan kurangnya referensi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum merdeka belajar, Pembelajaran IPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2023 04:31 | ||||||
Last Modified: | 15 Nov 2023 04:31 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11548 |
Actions (login required)
View Item |