ANALISIS PELAKSANAAN METODE PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI ILMU FALAK DI PONDOK PESANTREN SIRAJUL HANNAN JEKULO KUDUS

Huda, Noor Muhammad Asyrofil (2016) ANALISIS PELAKSANAAN METODE PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI ILMU FALAK DI PONDOK PESANTREN SIRAJUL HANNAN JEKULO KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB-IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui penerapan metode project based learning pada pembelajaran materi ilmu falak di PondokPesantrenSirajulHannanJekulo Kudus. Fokus penelitian ini dijabarkan menjadi pertanyaan; 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran falak di pondok pesantren Sirajul Hannan Jekulo Kudus?; 2) Bagaimana penerapan metode project based learning pada pembelajaran materi ilmu falak di Pondok Pesantren Sirajul Hannan Jekulo Kudus?; 3) Bagaimana kelebihan dan kelemahan penerapan metode project based learning pada pembelajaran materi ilmu falak di Pondok Pesantren Sirajul Hannan Jekulo Kudus? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan pengamatan dengan berpartisipasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi.Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di Pondok Pesantren Sirajul Hannan Jekulo Kudus.Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis data yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran falak di Pondok Pesantren Sirajul Hannan Jekulo Kudustidak menggunakan kurikulum yang digunakan pada madrasah formal namun di pondok ini memiliki beberapa tujuan dan strategi serta evaluasi dalam mengaji atau pembelajaran, misalnya menggunakan metode pembelajaran modern pada ilmu falak.Produk yang dihasilkan santri setelah mempelajari ilmu falak antara lain kalender baik hijriyah maupun miladiyah, jadwal imsakiyah serta jadwal sholat.2) penerapanmetodeproject based learning pada pembelajara nmateri ilmu falak sudah relevan dengan teori yang ada yang diantaranya terdiri dari beberapa tahapan, pengajuan permasalahan, mengidentifikasikan masalah, mencari alternatif dari pemecahan masalah, kemudian menyusun laporan dan presentasi 3) kelebihan dan kelemahan penerapan metode project based learning pada pembelajaran materi ilmu falak di Pondok Pesantren Sirajul Hannan Jekulo Kudus memiliki kelebihan atau keunggulan diantaranya dari penerapan metode project based learning yaitu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Sedangkan kekurangan dari penggunaan metode project based learning terdiri dari beberapa faktor di antaranya: 1) faktor biaya dan waktu, 2) faktor pendidik, 3) faktor peserta didik,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2017 06:25
Last Modified: 04 Jun 2017 06:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1162

Actions (login required)

View Item View Item