PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS V DI MI NU TARBIYATU AULAD KESAMBI MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Asfiyah, Nor (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS V DI MI NU TARBIYATU AULAD KESAMBI MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konsep pembelajaran kooperatif yaitu strategi pembelajaran Think Pair Share. strategi pembelajaran Think Pair Share merupakan pembelajaran yang prosesnya berpasangan dengan teman dan bertukar pikiran. Dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share diharapkan akan menjadikan siswa mampu berfikir kritis. Selain itu, siswa juga mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan temannya dalam sebuah diskusi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji secara empiris ada tidaknya Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap Kemampuan Berfikir kritis Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas V di MI NU Tarbiyatu Aulad Kesambi Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) untuk menguji secara empiris ada tidaknya Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap Keterampilan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas V di MI NU Tarbiyatu Aulad Kesambi Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas V yang berjumlah 21 orang. Peneliti penggunakan teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sehingga sampel yang penulis ambil dari kelas yang menerapkan pembelajaran kooperatif Think Pair Share yaitu 21 orang.uji analisis dalam penenlitian ini peneliti menggunakan analisis statistic yaitu mengadakan perhitungan nilai angka dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap Kemampuan Berfikir kritis Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas V di MI NU Tarbiyatu Aulad Kesambi Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan F reg sebesar 21,669 dengan persamaan regresi Ŷ = 5,526 + 0,868X. terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara strategi strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap Kemampuan Berfikir kritis Siswa yaitu dengan koefisien determinasi sebesar 53,29%. 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap keterampilan sosial Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas V di MI NU Tarbiyatu Aulad Kesambi Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan F reg sebesar 5,704 dengan persamaan regresi Ŷ = 31,347 + 0,507X. terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara strategi strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap keterampilan sosial Siswa yaitu dengan koefisien determinasi sebesar 23,1361%. Kata Kunci : strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Kemampuan Berfikir kritis dan keterampilan sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2017 06:37
Last Modified: 04 Jun 2017 06:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item View Item