Hidayah, Nilta (2023) Penerapan Media Thinkrs Book Dalam Pembelajaran PPKN Kelas IV MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (833kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (230kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (306kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (571kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (373kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (389kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (270kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan media Thinkers Book dalam pembelajaran PPKn kelas IV MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus, 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan media Thinkers Book dalam pembelajaran PPKn kelas IV MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian lapangan (field recerch). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara kepada kepala madrasah, guru mata pelajaran PPKN kelas IV, dan peserta didik kelas IV serta melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing / verification). Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, penerapan media Thinkers Book dalam pembelajaran PPKn kelas IV MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus dimulai dari kegiatan perencanaan, seperti guru membuat RPP, mempersiapkan materi, metode dan media pembelajaran. Pada kegiatan pelaksanaan dilanjutkan proses penggunaan media Thinkers Book dengan materi keragaman suku bangsa, bahasa dan agama di Indonesia. Dan pada tahap akhir yaitu ada tahap evaluasi pembelajaran. Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan media Thinkers Book dalam pembelajaran PPKn kelas IV MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus pada proses pembelajaran ini terdapat beberapa faktor pendukung diantaranya manajemen sekolah yang baik, profesionalisme guru yang sudah terjamin, sumber belajar yang memadai, metode dan media pembelajaran yang variatif, sarana dan prasarana yang sudah memadai, terdapat motivasi belajar dan kompetisi belajar antar peserta didik. Faktor selanjutnya yaitu faktor penghambat diantaranya kesiapan mental peserta didik yang tidak sama, dukungan orang tua terhadap hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Thinkers Book, Pembelajaran PPKn | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2023 03:25 | ||||||
Last Modified: | 09 Dec 2023 03:25 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11674 |
Actions (login required)
View Item |