Munfarida, Anis (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENTDALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITSDI MTS NURUL HUDA MEDINI GAJAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
FILE 1 COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1)Implementasi model pembelajaran Concept Attainment pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Nurul Huda Medini Gajah Demak tahun ajaran 2016/2017. 2)Faktor pendukung dan penghambat Implementasi model pembelajaranConcept Attainment pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Nurul Huda Medini Gajah Demak tahun ajaran 2016 / 2017. 3) Hasil dariImplementasi model pembelajaranConcept Attainment pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Nurul Huda Medini Gajah Demak tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara terhadap instansi terkait yaitu, MTs Nurul Huda Medini Gajah Demak mengenai implementasi model pembelajaran Concept Attainment, kemudian observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, waka kurikulum dan peserta didik. Aktivitas yang dilakukan yakni terkait dengan suasana proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII, dan implementasi model pembelajaran Concept Attainment dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Implementasi model pembelajaran Concept Attainment pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Nurul Huda Medini Gajah Demakdilaksanakan melalui 5 fase yaitu fase penyajian materi, pemberian tugas, curah pendapat, pertanggung jawaban dan refleksi. Sebelum pembelajaran berlangsung guru sudah membuat sebuah perencanaan sebagai scenario pembelajaran berupa RPP dan evaluasi dari pembelajaran tersebut dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, tugas pada akhir pembelajaran dan tugas tengah serta akhir semester.2)Faktor pendukung dalam pelaksanaan model pembelajaran Concept Attainment pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu, pendidik/guru yang berkompeten,peserta didik yang termotivasi, sarana prasarana, iklim sosial, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya buku modul, peserta didik yang kurang termotivasi. 3) Kemampuan Analisis Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits dapat dilihat dari perubahan pada siswa yang lebih aktif, berani bertanya, mengemukakan pendapat, memahami serta mampu mengaplikasikan materi yang sudah diajarkan ke dalam kehidupan sehari-hari.Selain itu, dapat dibuktikan dengan nilai rata -rata siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits semua kelas VIII yang diatas nilai KKM 75. Kata Kunci : Model Pembelajaran Concept Attainment untuk meningkatkan Kemampuan Analisis, Mata Pelajaran Al-Qur’an hadits.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 02:24 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 02:24 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1173 |
Actions (login required)
View Item |