Strategi Experiential Marketing Pada Produk Deposito IB Desya Mudharabah di BPRS Suriyah Melalui Pendekatan Asset Based Community Development

Widianingsih, Aprilia Putri (2023) Strategi Experiential Marketing Pada Produk Deposito IB Desya Mudharabah di BPRS Suriyah Melalui Pendekatan Asset Based Community Development. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (553kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (603kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (906kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (550kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (373kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)

Abstract

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) adalah salah satu instansi keuangan perbankan yang melakukan segala kegiatannya berlandaskan prinsip syariah. BPRS menjadi solusi bagi masyarakat terhadap layanan mikro bank syariah, karena BPRS lebih terjangkau kepada seluruh lapisan masyarakat. Maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk memperkenalkan Produk Deposito IB Desya Mudharabah agar produk lebih dikenal oleh masyarakat luas dan masyarakat lebih percaya jika mendepositkan uang yang dimiliki melalui strategi experiential marketing dengan menerapkan 5 unsur experiential marketing ( sense, feel, think, act, relate) menggunakan pendekatan asset based community development guna menjelaskan pemahaman dan pemanfaatan asset baik yang berwujud maupun tidak berwujud melalui investasi kepada nasabah guna merancang masa depan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi experiential marketing yang digunakan untuk memasarkan produk dan implementasi pendekatan asset based community development yang dilakukan oleh pemasar. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif kualitatif di lapangan. Kepala Cabang, Funding Officer, Costumer Service, Account officer dan Back Office dari BPRS Suriyah Kudus dijadikan sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini, prosedur observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Validasi data melalui triangulasi sumber, atau pengumpulan data dari informasi yang sebanding dari berbagai sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi experiential marketing menggunakan event atau open table memberikan pengalaman dihati dan benak nasabah, perusahaan sendiri dapat memperoleh efesiensi promosi yaitu adanya word of mouth atau nasabah merekomendasikan kepada orang terdekatnya sebagai implementasi dari kepuasan yang mereka peroleh ketika memutuskan menabung dan menjadi nasabah di BPRS Suriyah Kudus. Pendekatan Asset Based Community Development dilakukan kepada nasabah dengan tujuan untuk menjelaskan kepada konsumen tentang pentingnya investasi kepada setiap individu atau nasabah agar paham paham akan pengelolaan asset dan tidak terjerumus atau salah langkah berinvestasi kepada orang atau instansi yang tidak bertanggung jawab atau invetasi bodong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHana, Kharis FadlullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Deposito IB Desya Mudharabah, Experiential Marketing, Pendekatan Asset Based Community Development (ABCD)
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 May 2024 05:17
Last Modified: 14 May 2024 05:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11819

Actions (login required)

View Item View Item