Good Corporate Governance, Audit Quality, Corporate Social Responsibility Dan Free Cash Flow Terhadap Earnings Management (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2018-2022)

Sari, Amelida Ayu Permata (2023) Good Corporate Governance, Audit Quality, Corporate Social Responsibility Dan Free Cash Flow Terhadap Earnings Management (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2018-2022). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (216kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (155kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (724kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (686kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (642kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (138kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (489kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good corporate governance (kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen, dan komite audit), audit quality, corporate social responsibility dan free cash flow terhadap earnings management pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam ISSI di BEI pada periode 2018-2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dan metode purposive sampling dalam penentuan sampel. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam indeks saham syariah indonesia (ISSI) di bursa efek indonesia (BEI) pada periode 2018-2022. Berdasarkan kriteria sampel, didapatkan sampel sebanyak 7 perusahaan dengan 5 periode laporan keuangan perusahaan (tahun 2018-2022). Metode analisis data penelitian ini yaitu analisis regresi data panel dengan aplikasi Microsoft Excel dan Eviews 10 untuk mengolah datanya. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa good corporate governance, audit quality, corporate social responsibility dan free cash flow memiliki pengaruh signifikan terhadap earnings management. Secara parsial hanya corporate social responsibility yang memiliki pengaruh positif signifikan terhadap earnings management dan free cash flow memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap earnings management.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMartini, TinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Audit Quality, Corporate Social Responsibility, Free Cash Flow, Earnings Management
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:46
Last Modified: 23 Jul 2024 03:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11827

Actions (login required)

View Item View Item