Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Pada Materi Kubus dan Balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Kelas VIII

Maharani, Rantika Dwi (2023) Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Pada Materi Kubus dan Balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Kelas VIII. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (436kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (556kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (672kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (985kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (852kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (578kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan produk E-LKPD pada materi kubus dan balok kelas VIII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang dilakukan dengan 5 tahapan yaitu Analyse (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, lembar validasi, dan angket. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Juwana. Adapun sampelnya adalah siswa kelas VIIIA SMP N 2 Juwana yang diambil melalui teknik random sampling. Hasil penelitiannya membuktikan bahwa: 1) kualitas E-LKPD berbasis problem based learning berbantuan liveworksheet tergolong dalam kategori sangat valid dengan perolehan skor rata-rata ahli materi sebesar 81,25% sedangkan pada validator ahli media mendapatkan skor rata-rata sebesar 88% dengan kriteria sangat valid. 2) adanya E-LKPD berbasis problem based learning berbantuan liveworksheet yang dilengkapi fitur video, gambar, dan animasi ini sangat membantu peserta didik dalam memahami keterkaitan konsep materi pembelajaran dengan persoalan dunia nyata sehingga peserta didik mampu mengimplementasikan ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari. 3) hasil tanggapan respon pendidik dan respon peserta didik juga menunjukkan bahwa E-LKPD termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan perolehan persentase respon pendidik sebesar 91% dan respon peserta didik 80,3% sehingga termasuk dalam kategori sangat praktis. 4) hasil dari penerapan soal pretest dan posttest menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis yang terbukti dari hasil uji Paired Sample T-Test, sehingga dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Kubus dan Balok berbasis problem based learning berbantuan liveworksheet pada materi Luas permukaan dan Volume Kubus dan Balok kelas VIII ini layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyuni, Fina TriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Problem Based Learning, Liveworksheet, Berpikir Kritis, Kubus dan Balok
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:16
Last Modified: 30 Jul 2024 08:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11874

Actions (login required)

View Item View Item