Analisis Aktivitas Belajar Peserta Didik ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas IV MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus

Khoiriyah, Zumrotul A’la (2023) Analisis Aktivitas Belajar Peserta Didik ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas IV MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (511kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (394kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (930kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik ditinjau dari gaya belajar peserta didik kelas IV MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus. Latar belakang penelitian ini adalah pada dasarnya setiap individu memiliki gaya belajar yang berbeda-beda berdasarkan aktifitas belajarnya, pada tempat penelitian pendidik cenderung menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. bagaimana peserta didik dengan gaya belajar visual dan kinestetik bisa menerima atau mengelola pembelajaran tersebut berdasarkan gaya belajar dan aktivitas belajaranya. Sebaliknya jika pendidik mengajar dengan mrtode praktik, bagaimana peserta didik yang memiliki gaya belajar visual dan auditori dapat menerima materi pembelajaran tersebut untuk meningkatkan hasil belajar yang ingin dicapai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas peserta didik ditinjau dari gaya belajarnya, kecenderungan gaya belajar apa yang dimiliki oleh peserta didik kelas IV dan untu mengetahui bagaimana cara menerapkan gaya belajar yang efektif bagi peserta didik. Subyek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas IV. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik ditinjau dari gaya belajar mencakup kegiatan-kegiatan yang mengarah pada proses pembelajaran, kegiatan tersebut yakni membaca, menulis, mengamati, berdiskusi, dan praktik atau percobaan yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik tersebut. Gaya belajar dibagi menjadi tiga yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Kecenderungan gaya belajar yang dimiliki oleh peserta didik kelas IV MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus adalah gaya belajar auditori berdasarkan ciri-ciri dan cara belajar peserta didik kelas IV yang sama dengan ciri dan cara gaya belajar auditori yaitu 1) belajar dengan mendengarkan, 2) suka bercerita, berdiskusi, 3) senang belajar kelompok, membaca dengan suara yang keras, 4) mudah terganggu oleh keributan, 5) belajar dengan mendengarkan musik, dan 6) belajar ditempat yang tenang dan nyaman. Cara menerapkan gaya belajar yang efektif pada peserta didik kelas IV dengan cara dengan memaksimalkan gaya belajar yang sudah dimiliki oleh peserta didik tersebut belajar dengan menyesuaikan gaya belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Gaya Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:23
Last Modified: 31 Jul 2024 04:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11891

Actions (login required)

View Item View Item