Model Pembelajaran Problem Solving Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengukuran Luas Bagi Siswa Berkesulitan Belajar Kelas IV di MI Nurul Huda Rejosari Gajah Demak

Rohmah, Syafaatur (2023) Model Pembelajaran Problem Solving Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengukuran Luas Bagi Siswa Berkesulitan Belajar Kelas IV di MI Nurul Huda Rejosari Gajah Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (675kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (663kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui Implementasi model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran matematika melalui pembelajaran individu kelas IV di MI Nurul Huda Rejosari Gajah Demak. 2) Mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran matematika melalui pembelajaran individu kelas IV di MI Nurul Huda Rejosari Gajah Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MI Nurul Huda Rejosari Gajah Demak. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas, peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pelaksanaan implementasi model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran matematika melalui pembelajaran individu kelas IV di MI Nurul Huda Rejosari Gajah Demak antara lain: 1) Mengidentifikasi kesulitan belajar pada materi pengukuran luas diantaranya karena bingung mengaplikasikan rumus, kurang berkosentrasi, belum menguasai hitungan. 2) upaya dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut, dengan cara guru berkreatifitas mengembangkan media, metode dan strategi pembelajaran, selain itu bisa menyelingi pembelajaran dengan ace breaking, kuis dan reward, guru memberikan alternatif pilihan rumus yang lebih mudah dan diperbolehkan melakukan penghitungan dengan media sempoa, kelereng, lidi dan lain sebagainya. 3) Evaluasi bagi peserta didik yang nilainya kurang dari KKM akan diberi soal remedial. Kedua faktor pendukung dalam pelaksanaan model pembelajaran individu yaitu: Guru yang pintar dalam penguasaan kelas, guru yang memudahkan proses pembelajaran, media pembelajaran, motivasi siswa. Sedangkan yang menjadi faktor Penghambat yaitu Program individu yang kurang continue, kurangnya persoalan dalam penguasaan kelas, kurangnya penguatan atau motivasi, kurang rinci dalam mengajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulthon, SulthonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Solving, Siswa Berkesulitan Belajar, Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:58
Last Modified: 05 Aug 2024 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11904

Actions (login required)

View Item View Item