Pengembangan KIT Biologi Berbasis Active Learning untuk Siswa Kelas XI MIA MA Ihyaul Ulum pada Materi Sistem Pencernaan

Aprilia, Clarisa Ayu (2023) Pengembangan KIT Biologi Berbasis Active Learning untuk Siswa Kelas XI MIA MA Ihyaul Ulum pada Materi Sistem Pencernaan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (980kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (371kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (623kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pengembangan KIT Biologi berbasis Active Learning untuk siswa kelas XI MIA MA Ihyaul Ulum pada materi Sistem Pencernaan 2) Mendeskripsikan kevalidan KIT Biologi berbasis Active Learning untuk siswa kelas XI MIA MA Ihyaul Ulum pada materi Sistem Pencernaan 3) Mendeskripsikan kepraktisan KIT Biologi berbasis Active Learning untuk siswa kelas XI MIA MA Ihyaul Ulum pada materi Sistem Pencernaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan mengikuti model 4D yang disederhanakan menjadi 3D dan mengikuti alur Thiagarajan, Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel yang terdiri dari tahap Define, Design dan Development. Tahap Define dilakukan dengan melakukan serangkaian kegiatan kajian pustaka melalui studi literatur penelitian terdahulu yang relevan dengan produk yang akan dibuat. Selain itu, pada tahap ini juga dilakukan wawancara terstruktur kepada pendidik, observasi kepada peserta didik, serta pemberian angket need assesment kepada pendidik serta peserta didik. Kemudian pada tahap design, peneliti melakukan serangkaian kegiatan perancangan untuk design KIT Biologi yang akan dikembangkan. Peneliti membuat gambar rancangan awal produk, menentukan estimasi biaya yang dikeluarkan, menyiapkan alat dan bahan dan kemudian menyusun produk awal KIT Biologi berbasis Active Learning. Setelah produk awal selesai disususun, kemudian dilanjukan pada tahap development. Pada tahap ini, produk KIT Biologi berbasis Active Learning yang telah dikembangkam oleh peneliti dilakukan validasi kepada ahli materi dan ahli media. Setelah produk divalidasi oleh ahli, didapatkan komentar atau saran perbaikan untuk selanjutnya dilakukan revisi. Setelah produk selesai direvisi, selanjutnya diuji cobakan. Pemilihan subjek uji coba dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability dengan menggunakan teknik puposive sampling. Adapun sampel yang dipilih peneliti adalah satu orang guru Biologi dan peserta didik kelas XI MIA 1 yang terdiri dari 33 siswa. Guru Biologi dianggap peneliti sebagai subjek uji coba penelitian yang telah memenuhi karakter yang dibutuhkan peneliti dan tahu tentang produk yang dikembangkan. Sementara untuk sampel peserta didik dipilih berdasarkan pertimbangan dari guru Biologi yang mengajar di kelas XI. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif diperoleh dari komentar ahli terhadap produk yang dikembangkan, sementara analisis data kuantitatif terdiri dari analisis kevalidan dan analisis kepraktisan terhadap produk KIT Biologi berbasis Active Learning yang dikembangkan di MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Produk KIT Biologi yang dikembangkan dalam kategori sangat valid dengan skor persentase 95% berdasarkan penilaian ahli materi, dan skor persentase 98% berdasarkan penilaian ahli media. 2) Produk KIT Biologi yang dikembangkan dalam kategori sangat praktis dengan skor persentase 96% berdasarkan uji coba guru dan skor persentase 93% berdasarkan uji coba siswa. Berdasarkan hasil validasi dan uji hasil uji coba maka KIT Biologi berbasis Active Learning untuk siswa kelas XI MIA MA Ihyaul Ulum pada Materi sistem pencernaan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalil, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, KIT Biologi, Active Learning, Sistem Pencernaan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:40
Last Modified: 05 Aug 2024 03:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11906

Actions (login required)

View Item View Item