Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Balok Untuk Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK Al Hidayah Sidoluhur Jaken Pati

Masfi’ah, Siti Umi (2023) Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Balok Untuk Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK Al Hidayah Sidoluhur Jaken Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (583kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (587kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (390kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (717kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) untuk mengetahui pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Balok untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Desa Sidoluhur Kecamatan Jaken Kabupaten Pati, 2.) untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Desa Sidoluhur Kecamatan Jaken Kabupaten Pati; 3.) untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Balok dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Desa Sidoluhur Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala TK Al Hidayah Sidoluhur Jaken, guru kelompok B, dan Siswa TK Al Hidayah Sidoluhur Jaken Pati. Sumber data primer penelitian ini meliputi wawancara kepada kepala sekolah, dan guru kelas kelompok B dan data sekunder berasal dari jurnal-jurnal yang berhubungan mengenai alat permainan edukatif (APE) balok dan kreativitas anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji Keabsahan data pada penelitian ini adalah melakukan uji kredibilitas data. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemanfaatan alat permainan edukatif (APE) balok sudah cukup memadai untuk membantu meningkatkan kreativitas dan membantu dalam menyampaikan materi dalam pembelajaran berlangsung. Penggunaan alat permainan edukatif (APE) balok yang digunakan sudah disesuikan dengan RPPH yang sudah dibuat sebelumnya dan menyesuaikan temanya. 2) peningkatan kreativitas anak TK AL Hidayah Sidolohur dengan memanfaatkan alat permainan edukatif (APE) balok cukup membantu dalam meningkatkan kreativitas anak khususnya kelompok B usia 5-6 tahun. 3 ) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kreativitas AUD di TK Al Hidayah. Faktor pendukungnya adalah sarana prasarana yang memadai, adanya kerjasama yang baik antara guru dan orang tua, pengetahuan guru yang professional mengenai perkembangan anak, dan tempat belajar yang nyaman dan kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sering melarang dan membatasi kegiatan anak, sarana prasarana yang kurang memadai, perubahan mood anak, kurang kondusif dalam pengelolaan kelas, keterbatasan tempat dan waktu, dan pembelajaran yang monoton.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMashlahah, Any UmyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif (APE) Balok, Kreativitas, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:40
Last Modified: 05 Aug 2024 04:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11917

Actions (login required)

View Item View Item