Pola Asuh Orang Tua Pekerja Pabrik Dalam Meningkatkan Karakter Mandiri Siswa Kelas 2 di MIN 1 Demak

Putri, Hapsari Cahyaning (2023) Pola Asuh Orang Tua Pekerja Pabrik Dalam Meningkatkan Karakter Mandiri Siswa Kelas 2 di MIN 1 Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (969kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (573kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (581kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (285kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)

Abstract

Kota Demak salah satu kota di Jawa Tengah yang mayoritas masyarakatnyta bekerja sebagai petani. Seiring berjalannya dengan perubahan zaman dan gaya hidup, banyak dari masyarakat di daerah Demak yang bekerja di pabrik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Di Desa Wonoketingal mayoritas masyarakatnya pada saat ini bekerja di pabrik, baik dari kalangan anak muda dan sampai orang yang sudah berkeluarga. Dampak dari orang tua yang bekerja di pabrik salah satunya adalah kurangnya peran orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak karena kesibukannya dalam bekerja, sehingga anak akan merasa terabaikan dan akan menyimpang dari nilai dan norma yang berlaku di keluarga dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini berfokus pada pola asuh orang tua pekerja pabrik dalam meningkatkan karakter mandiri siswa di MIN 1 Demak. Sumber data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pihak yang bersangkutan seperti orang tua, siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik validitas data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dan sumber. Pada fokus penelitian ini, peneliti ingin mengetahui tentang: 1) Bagaimana strategi pola asuh orang tua pekerja pabrik?, 2) Bagaimana kemandirian siswa kelas 2 yang orang tuanya berprofesi sebagai pekerja pabrik?. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh orang tua pekerja pabrik dalam mendidik dan mengasuh anak memiliki cara yang berbeda pada masing-masing orang tua. Banyak dari orang tua yang menggunakan jenis pola asuh campuran yaitu dengan sedikit menggunakan pola otoriter yang sifatnya sedikit paksaan kepada anak dan dengan pola asuh demokratis yaitu dengan memberikan kebebasan pada anak untuk berkreasi dan mengeksplorasi berbagai hal sesuai kemampuan yang dimiliki anak dengan sensor batasan dan pengawasan yang baik dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Orang Tua Pekerja Pabrik, Meningkatkan Karakter Mandiri
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:16
Last Modified: 08 Aug 2024 08:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11924

Actions (login required)

View Item View Item